Sukses

Lifestyle

Wow, Banyak Anak Bisa Buat Wanita Awet Muda!

Fimela.com, Jakarta "Banyak anak banyak rezeki," istilah tersebut kerap kali didengar. Konon, bila kamu memiliki banyak anak maka nikmat Tuhan akan banyak terlimpah padamu. Banyak yang memercayai istilah tersebut, sehingga banyak tetua yang miliki anak lebih dari dua.

Bukan dengan limpahan rahmat berupa uang, namun ternyata banyak anak bisa membuat para wanita terlihat lebih muda. Dilansir dari DailyMail, hal tersebut dapat memperlambat proses penuaan. Hmm.. Apa hubungannya ya?

Menurut studi, hal tersebut bisa dikaitkan dengan telomere atau bagian paling ujung dari kromosom manusia yang banyak ditemukan pada perempuan yang memiliki lebih dari satu anak. Peneliti mengatakan bahwa perempuan yang banyak memiliki anak, maka semakn kecil efek penuaan pada dirinya. Para pengamat di Universitas Simon Fraser Fraser di British Colombia pun melakukan penelitian dengan melibatkan 75 orang.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan DNA melalui spesimen air liur dari para obyek yang berasal dari Guatemala. Uniknya, ini adalah studi pertama yang meneliti hubungan langsung antara jumlah anak dan pemendekan telomere pada manusia. Walaupun demikian, Profesor Pabo Nepomanaschy mengatakan temuan timnya bertentangan dengan teori sejarah yang memprediksi bahwa memiliki banyak anak malah mempercepat laju penuaan biologis.

Lambatnya laju telomere ternyata ditemukan pada peserta penelitian yang memiliki banyak anak. Hal tersebut disebabkan oleh esterogen yang mengalami peningkatan secara drastis. Tak hanya itu, menurut Nepomanaschy mengatakan bahwa lingkungan sosial juga memengaruhi laju penuaan. Para ibu yang mengikuti penelitian ini berada di lingkungan yang baik. Artinya mereka mendapatkan dukungan lebih dari keluarga atau teman saat memiliki banyak anak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading