Sukses

Lifestyle

Ini Alasannya Menulis dengan Tangan Bikin Kamu Tambah Pintar

Fimela.com, Jakarta Di zaman yang serba digital, kamu melakukan hampir segala pekerjaan menggunakan komputer dan juga mesin. Termasuk menulis. Meskipun kertas dan alat tulis masih tersedia dan tetap kamu miliki, kamu mungkin lebih memilih menggunakan komputer atau laptop untuk menulis. 

Ketika duduk di kelas pun, kamu tidak lagi mencatatnya di buku catatan. Kamu hanya tinggal mengetiknya di notebook atau bahkan ponsel pintarmu. Memang, sepertinya lebih mudah jika semua dikerjakan mengggunakan teknologi. Tapi, ternyata mesin dan komputer juga punya kelemahan yang tidak dimiliki anggota tubuhmu, lho. 

Menulis menggunkan tangan memang akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengetik. Tapi, ada proses yang hilang ketika kamu hanya mengandalkan teknologi dan mesin. Dilansir dari Business Insider, psikolog Pam A. Mueller dari Princeton University serta Daniel M. Oppenheimer dari University of California melakukan sebuah penelitian mengenai penggunaan laptop dan komputer. 

Meksipun ketika kamu menulis menggunakan tangan prosesnya lama, ternyata justru membuatmu lebih cepat untuk belajar. Ketika kamu menulis, kata per kata masuk ke dalam otakmu. Makanya, kamu akan lebih ingat apa pun yang kamu tulis dengan tangan, ketimbang apa yang kamu ketik. 

Logikanya, ketika kamu mengetik apa yang dijelaskan sang dosen atau pembicara, kamu memang bisa mengetik setiap kata yang dia ucapkan. Karena komputer atau laptop memang didesain agar kamu bisa mengetik dengan sangat cepat. Tapi, saat itu otakmu tidak bekerja untuk menangkap apa yang sedang dibicarakan. 

Sementara, ketika kamu menulis, waktu yang kamu butuhkan lebih lama ketimbang menggunkan komputer. Karena mengejar waktu, sambil mendengarkan kamu akan menyingkat apa yang dikatakan sang pembicara. Kamu tidak akan sanggup mencatat kata per kata. Karena itu otakmu mencerna dulu apa yang dia bicarakan dan kamu hanya akan mencatat bagian yang kamu anggap penting, atau sari patinya. 

Karena itu, Mueller dan Oppenheimer mengatakan, kepada Business Insider, ketika berada di kelas sebaiknyakamu mencatat pelajaran menggunkan tanganmu sendiri. Mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama. Tapi, otakmu akan merekam semua yang kamu tulis dengan lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading