Sukses

Lifestyle

Sosok Inspiratif dari Jawa Barat

Fimela.com, Jakarta Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan berbagai wisatanya. Jawa Barat juga terkenal karena cukup sering menjadi tempat terjadinya berbagai peristiwa sejarah serta menjadi tempat lahirnya banyak orang penting. Banyak tokoh permpuan yang berasal dari daerah Jawa Barat dengan berbagai kisahnya yang dapat menjadi inspirasi anda.

Salah satu yang paling banyak dikenal adalah Dewi Sartika yang merupakan salah satu tokoh perintis pendidikan bagi kaum perempuan. Dewi Sartika telah diangkat menjadi pahlawan nasional pada tahun 1966. Pada tahun 1902 Ia telah mengajarkan berbagai keterampilan seperti membaca, menulis, menjahit, dan sebagainya kepada perempuan di keluarganya. Ia juga merupakan pendiri sekolah perempuan pertama di Hindia Belanda yang diberi nama Sakola Istri.

Perempuan yang turut berjasa dalam bidang pendidikan adalah Lasminingrat atau Radén Ayu Lasminingrat, yang merupakan pendiri Sakola Kautamaan Istri. Pada tahun 1875 Ia juga telah menerbitkan sebuah buku dengan judul Carita Erman yang merupakan terjemahan dari buku karya Christoph von Schmid dengan menggunakan aksara Jawa dan dalam aksara Latin sehingga dapat dibaca oleh Masyarakat di Indonesia.

Perempuan lain yang menginspirasi dari Jawa Barat adalah Inggit Garnasih yang merupakan istri kedua dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Inggit merupakan pendamping setia Soekarno, mulai semenjak masih menjadi mahasiswa hingga diangkat menjadi Presiden. Rumah yang dulu Ia tinggali dengan Soekarno kini menjadi museum yang dapat dikunjungi masyarakat. Nama Inggit juga telah menjadi nama sebuah jalan di Kota Bandung.

Susi Susanti | Liputan6.com

Tidak hanya perempuan pada zaman dahulu, perempuan yang masih hidup hingga saat ini pun banyak yang dapat menjadi inspirasi. Contohnya adalah Susi Susanti, atau yang memiliki nama lengkap Lucia Fransisca Susi Susanti. Prestasinya di bidang olahraga bulu tangkis telah banyak mengharumkan nama Indonesia.

Ia juga mendapat penghargaan dari asosiasi bulu tangkis internasional atas prestasinya. Ada pula Prof. Dr. dr. Cissy Rachiana Sudjana Prawira-Kartasasmita, Sp.A. (K), M.Sc. yang merupakan dokter perempuan pertama yang menjabat sebagai direktur Rumah Sakit Hasan Sadikin. Ia menyelesaikan studi magister dan doktoralnya di Belgia dan kini telah menjadi seorang guru besar di Universitas Padjadjaran dalam Ilmu Kesehatan Anak. (M. Sufyan)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading