Sukses

Lifestyle

Mitos Pernikahan Wanita Sunda dan Pria Jawa

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang memiliki berbagai mitos yang masih dapat dengan mudah ditemui hingga saat ini. Meskipun pendidikan telah cukup maju, namun mitos yang masih dipertanyakan kebenarannya masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Salah satu contoh mitos yang cukup terkenal adalah mitos terkait dengan pernikahan antara Wanita Sunda dengan Pria Jawa. Padahal jika dilihat Wanita Sunda terkenal cantik dan tuturnya lembut. Demikian pula dengan Pria Jawa juga dikenal memiliki paras yang tampan serta tingkah laku yang sopan. Namun demikian, menurut mitos, apabila wanita Sunda menikah dengan Pria Jawa, maka pernikahannya tidak akan bertahan lama dan bisa berujung perceraian. 

Banyak orang mengatakan bahwa asal usul larangan ini adalah kekecewaan Orang Sunda terhadap Orang Jawa pada saat Perang Bubat. Pada perang itu, Kerajaan Padjajaran merasa dihina dan ditipu oleh Kerajaan Majapahit, dan banyak orang dari Kerajaan Padjajaran yang mati terbunuh dalam perang itu termasuk pemimpin mereka. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa Orang Sunda merasa lebih terhormat karena leluhur mereka telah berkuasa lebih lama daripada Orang Jawa. Karena itulah banyak keluarga di Sunda yang melarang anaknya untuk jatuh cinta dan menikah dengan Orang Jawa, dan demikian pula sebaliknya. Apalagi tersebar mitos bahwa Wanita Sunda cenderung matre dan pemalas.

Ilustrasi busana pernikahan tradisional | Via: pinterest.com

Tentu saja hal ini hanyalah mitos. Jika memang pernikahan Wanita Sunda dan Pria Jawa akan berakhir singkat, maka penyebabnya akan lebih masuk akal jika dikatakan karena adanya perbedaan sifat dan pola pikir yang dimiliki keduanya. Wanita Sunda cenderung memiliki sifat untuk mengatakan segala sesuatu dengan apa adanya. Sifat inilah yang kurang sesuai dengan Pria Jawa, di mana kebanyakan Orang Jawa cenderung mengatakan sesuatu secara implisit. Selain itu, menurut Orang Jawa, seharusnya seorang istri memiliki sifat yang penurut, apalagi kepada suaminya. Karena inilah kemudian sering terjadi ketidakcocokan antara Wanita Sunda dan Pria Jawa. Tetapi tentu saja tidak semua pernikahan Wanita Sunda dan Pria Jawa akan berakhir perceraian, karena banyak pula yang pernikahannya langgeng dan bahagia.

Ilustrasi pernikahan | Via: istimewa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading