Sukses

Lifestyle

Keberadaan UT Jadi Solusi Buat Kamu yang Sibuk Kerja

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan pendidikan yang baik dan layak merupakan impian semua orang. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa menggapai mimpi itu karena tuntutan hidup. Banyak orang yang sudah harus bekerja di usia muda untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Di antara mereka, juga ada orang-orang yang terpaksa meninggalkan impiannya karena harus bekerja di luar negeri. Tapi, ada Universitas Terbuka (UT) yang memberikan fasilitas buat mereka agar tetap bisa menuntut ilmu sambil bekerja. 

Kamu yang bekerja atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri bisa mendaftar di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT). Menurut situs resminya, UT pertama kali didirikan pada 1984 dengan tujuan memberikan pendidikan bagi semua orang, tanpa memandang status dan usia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan universitas negeri lainnya.

Ada banyak jurusan yang mereka tawarkan. Mulai dari politik hingga sains untuk S1. Kamu yang ingin melanjutkan kuliah juga bisa kuliah di sini. Ada dua jurusan untuk program magister; manajemen dan administrasi.

Sistem belajarnya pun memudahkanmu yang sedang bekerja di luar negeri. Mereka memberikan pelajaran secara online. Dengan begitu, kamu yang jaraknya jauh bisa tetap mengikuti 'kelas' dengan mudah. Sistem ini juga yang membuat biaya pendidikan di UT lebih murah. 

UT memberikan pendidikan yang lebih tinggi kepada semua orang | via: wahyuti4tklarasati.blogspot.com

Seperti Clarissa Ayudara, seorang pramugari maskapai Saudi Arabian Airlines yang tinggal di Jeddah, Arab Saudi. Dia mengatakan kepada sebuah media lokal, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dia akhirnya lulus dari UPBJJ-UT. Menurutnya, program pendidikan ini membuat mimpinya menjadi kenyataan. 

Meskipun terdengar mudah, tapi sifat program pendidikan ini berdasarkan pada pembelajaran mandiri. Jadi, para mahasiswa harus memiliki kemauan yang kuat serta motivasi diri yang tinggi untuk mempelajari materi yang diberikan tim pengajar UT. Jadi, kesuksesan tergantung pada mahasiswa itu sendiri. 

What's On Fimela
Loading