Sukses

Lifestyle

4 Hal Sederhana yang Sanggup Pertahankan Kekayaanmu

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang sukses, tapi lantas kekayaannya 'musnah' dalam sekejap. Bukan karena tidak beruntung. Bukan juga karena guna-guna. Fenomena ini membuktikan, meraih kesuksesan dan menjadi kaya memang sangat sulit. Tapi, lebih sulit lagi ktika kamu harus mempertahankan kekayaan. 

Banyak orang yang gagal dalam mempertahankan kekayaan mereka. Namun, seorang jurnalis asal Amerika Serikat, Napoleon Hill berhasil mengetahui rahasia, kenapa para taipan dunia hartanya tak pernah habis. Dengan mempelajari lebih dari 500 taipan dunia selama lebih dari 20 tahun, dia lantas merangkum cara-cara para taipan untuk mengelola keuangannya sehingga kekayaannya tetap terjaga. 

Tujuan harus jelas. Seperti yang dilansir dari Business Insider, Hill menulis pada bukunya, Think and Grow Rich "tidak ada harapan untuk menjadi sukses buat orang yang tidak memiliki tujuan utama, atau goal pasti." Kalau kamu ingin membangun kekayaan, mulailah dengan menargetkan berapa banyak uang yang harus kamu tabung. Tentu saja, jumlah dan jangka waktunya harus spesifik. Selain itu, tentukan juga apa yang akan kamu lakukan terhadap uang yang sudah kamu kumpulkan itu. 

Ambisi. Kekayaan tidak datang secara tiba-tiba tanpa sebab. Yang namanya kaya mendadak pun tidak pernah ada. Kenyataannya, orang-orang yang 'tertimpa emas' telah berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Karena itu, kamu harus memiliki ambisi untuk mendapatkannya. Tapi, jangan sampai terburu nafsu dan lupa untuk bersabar dan mengandalkan ketekunan. 

Aplikasikan ilmu yang kamu miliki. Semua yang kamu dapat di masa kuliah dan bangku sekolah tak akan membuatmu jadi kaya raya. Kecuali, kamu tahu bagaimana menggunakannya dan mengaturnya hingga akhirnya bisa diaplikasikan pada hidup. Dilansir dari Business Insider, Hill mengatakan, pendidikan mungkin tidak memiliki begitu banyak pengetahuan. Kecuali, pengetahuan yang efektif dan terus-menerus kamu aplikasikan. Orang akan dibayar bukan hanya untuk apa yang mereka tahu, tapi dia dibayar untuk apa yang telah dia lakukan dengan segala pengetahuannya. 

Disiplin. Hill menulis, kedisiplinan datang dari kontrol terhadap diri sendiri. Artinya, kamu harus mengontrol seluruh hal yang negatif. Sebelum kamu bisa mengontrol kondisi di sekelilingmu, kamu harus bisa mengontrol dirimu sendiri. Kalau kamu tidak bisa menguasai diri, kamu justru akan ditaklukkan oleh dirimu sendiri. 

Keempat hal di atas, menurut Hill, merupakan beberapa kunci untuk mempertahankan kekayaanmu. Keempat hal mendasar inilah yang membuat para taipan kekayaannya tak pernah habis. Karena mempertahankan kekayaan lebih sulit dari mendapatkannya, lebih baik kamu mendisiplinkan dirimu sendiri. Hill juga menambahkan, kunci paling sederhana untuk bisa jadi kaya adalah menabung lebih banyak dan mengeluarkan uang lebih sedikit. Mulailah terapkan aturan ini dalam dirimu sendiri. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading