Sukses

Lifestyle

Pesona Berbalut Misteri di 7 Hutan Tenggelam

Fimela.com, Jakarta Seakan menolak dideskripsikan hanya dalam untaian kalimat mainstream,Bumi hampir selalu memberi kejutan bagi penghuninya. Bukan hanya soal keelokan semata, terkadang misteri pun menyeruak bersama panoramamagis.Beberapa 'rupa' hutan tenggelam berikut ini contohnya.

Kampong Pluk, Kamboja. Bukan hanya soal nuansa Amazon yang 'diboyong' ke Asia Tenggara, destinasi satu ini pun jadi salah satu tempat di mana hutan tenggelam 'berbaring'. Terkesima oleh batang pohon nampak keluar dari air danau, serta disajikan rupa akar kala menundukkan pandangan. Di sini, pengunjung pun bisa mendapati warga lokal yang tinggal di rumah pohon atau apung.

 

A photo posted by Ratna Pertiwi (@ratnapertiwi68) on

Udawalawe, Sri Lanka. Negara kepulauan di tengah Samudra Hindia ini ternyata punya pemandangan sisa ribuan pohon mati akibat terendam air. Pasalnya, lokasi di mana hutan ini dulu berada sudah dialih fungsikan menjadi waduk. Meski demikian, kehidupan alam liar sepertinya tak juga terganggu di sekitar Udawalawe.

 

A photo posted by @tessaleemealone on

Danau Kaindy, Kazakhstan. Salah satu hutan tenggelam paling terkenal di Bumi. Terkungkung pohon yang membentuk belantara, tempat ini merupakan 'keajaiban' lain Negeri Stan. Terkait asal mula, hutan tenggelam ini menghadirkan beragam versi. Hingga kini, beberapa ada yang percaya 'danau di atas awan' ini terbentuk akibat letusan gunung. Berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, destinasi di negara pecahan Uni Soviet ini sanggup memberi perspektif lain akan panorama dan misteri itu sendiri.

Danau Caddo, Texas. Bak berada dalam latar film horor, hutan tenggelam di Danau Coddo tak sepenuhnya terendam air danau. Sehingga, tumbuhan di sini tak bisa dikatakan mati atau pun hidup. Meski terkesan seram, namun Danau Caddo ternyata jadi rumah bagi tumbuhan khas Amerika Serikat yang bisa berusia hingga lebih dari 1.000 tahun.

 

A photo posted by Alex Sparks (@alexsparks) on

Danau Bezid, Romania. Sebenarnya tak hanya hutan yang tenggelam di sini, namun juga seluruh desa. Alkisah, daerah setempat dulunya dilanda banjir bandang. Berlatar belakang garis puncak gunung yang saling menyambung, puing gereja dan pohon masih bisa didapati di Danau Bezid.

 

A photo posted by Dee Diana (@bydeemakeup) on

Danau Volta, Ghana. Awalnya, danau ini dimaksudkan sebagai pemasok listrik untuk banyak negara. Rampung di tahun 1965, proyek ini memaksa ribuan penduduk lokal pindah. Tak berhenti di situ, pemerintah Ghana pun menanamkan kayu-kayu terpendam yang sekarang dikenal sebagai hutan tenggelam.

 

A photo posted by Lara 🌻🌍 (@lara_rose1) on

Danau Periyar, India. Dimaksudkan sebagai media penanggulangan banjir, danau yang ternyata waduk buatan ini meninggalkan pohon yang dulunya membentuk hutan. Meski sudah berubah fungsi, pesona tempat ini malah dikatakan kian menarik karena keberadaan hutan tenggelam.

 

A photo posted by Cassie Kifer (@caskifer) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading