Sukses

Lifestyle

3 Tips Anti Gagal Saat Berbisnis

Fimela.com, Jakarta Menjalani bisnis tak selama sulit. Tapi, pasti ada saja kegagalan dan hambatan yang akan kamu hadapi. Memang, gagal bukan berati akhir dari segalanya. Bahkan kegagalan ini justru bisa menjadi akar sebelum bisnismu tumbuh besar dan mengalami perkembangan. 

Tapi, kalau bisa dihindari, kenapa harus bersusah payah untuk gagal? Berikut ini ada tiga tips agar kamu yang baru saja menjalani bisnis tidak lagi gagal untuk yang kesekian kalinya. 

Pastikan 'cahaya' tak meredup sepanjang perjalanan. Bisnis merupakan perjalanan. Seakan, kamu berjalan di dalam sebuah lorong gelap penuh liku dan ruang-ruang yang menjebak. Tanpa adanya lampu, kamu tak akan sanggup berjalan dengan selamat. Karena ini, jangan sampai 'cahaya' bisnis meredup. Artinya, kamu tetap harus memantau perkembangan dan pelajari pasar. Jangan menggunakan metode lama untuk kasus sekarang. Cobalah untuk selalu memperbaharui metode dan juga produk. 

Tunjukkan idemu. Ada berapa orang yang kamu temui setiap hari? Ada berapa acara dan seminar seputar bisnis yang diadakan dalam setahun? Jangan hanya bertemu dengan klien rutinmu saja. Kamu juga harus bertemu dengan banyak orang. Sebagian orang hanya bertemu dan saling tukar kartu nama. Kamu juga harus mengungkapkan ide-idemu, dan berdiskusi untuk menambah kekayaan pengetahuan. 

Ingat, permata dibuat dengan sejuta tekanan dan tempaan. Pernahkah kamu berpikir, apa yang membuat permata menjadi batu terindah di antara yang lain? Tempaan terhadap batu permata membuatnya bersinar memiliki jati diri sendiri. Permata selamanya tak akan pernah tertukar dengan batu yang lain. Sama halnya dengan dunia bisnis. 

Dengan jutaan tekanan dan cobaan, kamu akan terbentuk menjadi pribadi yang kuat. Semakin di asah, otakmu akan semakin tajam. Ketika kamu baru meluncurkan sebuah produk, pasti ada banyak kendala. Seperti tidak cukup waktu, uang yang kamu punya terlalu sedikit, dan tidak punya banyak pelanggan. Kondisi ini akan memaksamu untuk berpikir bagaimana caranya keluar dari situasi ini. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading