Sukses

Lifestyle

4 Langkah Penting Demi Capai Keuangan Sehat di Bulan Maret

Fimela.com, Jakarta Ketika muncul kata "Maret" di benakmu, apa yang langsung kamu pikirkan? Gajian? Rencana kumpul-kumpul bareng keluarga? Target yang belum juga tercapai sejak tahun lalu? Atau keuanganmu yang mengkhawatirkan.

Bulan lalu mungkin kamu telah banyak menghabiskan uang dan lupa Maret bakal cepat datang. Tak terasa, uang yang sudah kamu simpan akhirnya menipis, bahkan hampir habis. Sementara, tagihan pun tetap 'menjerit-jerit' minta dibayar. Di antara carut-marut napas kehidupan keuanganmu, sepertinya kamu tak bisa tinggal diam dan menjalani bulan ini sama seperti bulan lalu. Kamu harus melakukan beberapa hal, agar kondisi keuanganmu kembali pulih. 

Hitung utang dan jumlah uang yang tersisa. Kamu baru gajian atau akan terima gaji dalam waktu dekat? Stop! Jangan diapa-apain dulu. Hitung dulu berapa jumlah utang dan uang yang kamu punya sekarang. Kalau utangmu tidak lebih dari 20%, lunasi. Tapi, kalau lebih dari itu, kamu harus atur strategi lagi supaya utang terbayar tanpa 'membunuhmu' perlahan-lahan.

Berhemat. Hanya untuk satu bulan ini saja, tolong bersabar dan kamu harus teguhkan pikiran. Soalnya, kamu tak akan lagi bertemu dengan ayam goreng di restoran cepat saji. Tak ada lagi ngongkrong-nongkrong di kafe yang harga satu cangkir kopinya Rp 30 ribu ke atas. Makanlah makanan yang benar-benar kamu masak sendiri di rumah. Gunakan transportasi umum seperti bis, kereta, atau angkot.

'Operasi semut.' Waktunya memeriksa lemari pakaian! Carilah baju yang sudah tak ingin lagi kamu pakai. Cuci baju-baju tersebut, dan jual secara online. Ada banyak forum jual beli internasional yang memberikanmu fasilitas untuk menjual barang bekas yang masih berkualitas. Tapi, pastikan kamu tahu betul barang tersebut masih berkualitas untuk digunakan orang lain. Selain itu, cari tahu juga berapa harga pasaran untuk baju bekas di forum tersebut. Uang yang kamu dapat jangan dibuat makan atau ongkos sehari-hari. Tapi untuk tambahan tabungan atau membayar utang.

Jangan biarkan dirimu nganggur. Setiap orang pasti punya keahlian. Meskipun tak terlalu bagus, keahlian tersebut harus kamu asah agar kian 'menajam.' Cobalah untuk memberikan tawaran kepada orang lain. Misalnya, kamu bisa sedikit bermain piano. Kamu bisa membuat iklan les piano dasar dengan tarif terjangkau di sebuah forum. Selain mengasah kemampuan, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan untuk memperbaiki kesehatan keuanganmu di bulan Maret ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading