Sukses

Lifestyle

3 Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total 2016

Fimela.com, Jakarta Gerhana matahari total tahun ini bisa kamu saksikan mulai 9 Maret 2016. Selagi menghitung waktu mundur, kamu pasti sering mendengar kabar gerhana matahari berbahaya kalau dilihat hanya dengan 'mata telanjang.' Pasalnya, sinar UV B yang langsung mengarah ke matamu bisa membuat indra penglihatanmu rusak. Sebuah media nasional menulis, melihat gerhana matahari langsung juga bisa membuatmu katarak. 

Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang dihalangi bulan akan memancarkan cahaya yang tajam ke arah mata. Nah, sinar yang tajam ini bisa membakar makula. Makula merupakan pusat penglihatan yang terletak pada retina mata. Karena berbahaya, banyak orang yang lebih memilih untuk mengabadikan momen jarang ini menggunakan kamera. Tapi, rasanya kurang afdol kalau kamu hanya melihatnya dari sebuah gambar, meskipun itu hasil jepretanmu sendiri. Berikut ini tiga cara aman agar kamu bisa melihat langsung gerhana matahari total 2016. 

Berkaca pada genangan. Kamu mungkin sering mendengar berbagai cara aman agar sinar matahari saat gerhana total tak merusak mata. Kebanyakan, orang menggunakan kaca mata khusus untuk melindungi mata. Tapi, tahukah kamu ada cara yang lebih murah dan klasik selain kaca mata? Yaitu melalui genangan air di dalam baskom yang diletakkan di bawah bayangan matahari. Selain aman, cara ini juga bikin kamu tampil keren dan sangat klasik!

Melihat lewat bayangan di kertas | via: earthsky.org

Lihat lewat lubang sekecil jarum. Kalau kamu suka fotografi dan mungkin pernah belajar bagaimana cara menangkap gambar lewat sebuah kaleng yang dilubangi, ternyata metode yang mirip seperti ini juga bisa digunakan untuk melindungi matamu saat melihat gerhana matahari total. Dilansir dari situs National Aeronautics and Space Administration (NASA), celah dari lubang jarum ini bisa membentuk sebuah gambar gerhana matahari pada sebuah layar yang diletakkan sekitar 1 meter dari lubang kecil tersebut. 

Melihat gerhana matahari total lewat lubang jarum | earthsky.org

Gunakan pelindung khusus. Memang, kedua metode di atas tak bisa membuatmu benar-benar melihat gerhana matahari total langsung. Kalau memang sangat ingin melihatnya dengan mata kepalamu sendiri tanpa lewat proyeksi, kamu bisa menggunakan pelindung mata khusus yang bisa melindungi mata. 

Menggunakan pelindung mata khusus. | via: standard.co.uk

Situs NASA tersebut juga mengatakan, ada sebuah filter yang memiliki lapisan tipis kromium atau aluminium pada permukaannya. Kedua bahan ini sanggup melemahkan radiasi akibat sinar matahari yang memancar begitu kuat dan membahayakan mata. Tapi dengan syarat, filter tersebut harus bisa mengirimkan cahaya kurang dari 0,003% cahaya yang tampak dan tidak lebih dari 0,5% radiasi infra merah jarak dekat. Meskipun repot, mungkin kamu ingin membuat atau mencari filter ini demi melihat gerhana matahari total 2016 secara langsung. Tapi, pastikan kamu harus memeriksanya dan menghubungi para ahli. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading