Sukses

Lifestyle

3 Jenis Kacamata Ini Aman untuk Melihat Gerhana Matahari 2016

Fimela.com, Jakarta Gerhana matahari 2016 ini benar-benar menarik untuk disimak, bukan hanya warga Indonesia sendiri melainkan dari mancanegara. Para warga antusias dan mengadakan sejumlah persiapan demi melihat matahari tertutup total. Salah satu persiapan penduduk yakni kacamata. Ya, ini benda paling krusial yang pasti ada ketika menyambut gerhana. 

Namun jangan sembarangan memilih kacamata. Banyak di antara kamu hanya bermodal kacamata hitam anti UV atau yang biasa beli di pinggir jalan (kacamatan cengdem alias seceng adem). Wah, ini salah besar. Dari lansiran beberapa situs, Bintang.com menyimpulkan setidaknya ada 3 jenis kacamata yang memang cocok untuk melihat gerhana matahari total ini. Apa saja jenisnya? Simak uraian berikut.

1. Memiliki proteksi sejauh 100-400 nanometer. Nanometer sendiri merupakan satuan panjang yang umumnya digunakan mengukur panjang gelombang cahaya tampak, radiasi ultraviolet, sinar gamma, dan lain-lain.

Untuk menyambut datangnya gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016, Bosscha memperisapkan 1000 kacamata aman GMT.

2. Badan Antarariksa Amerika Serikat (NASA) malah menganjurkan kamu agar memakai kacamata yang sering digunakan pekerja las dan konstruksi bangunan. Biasanya ada di toko alat konstruksi.

Topeng berkacamata khusus konstruksi ini ternyata aman untuk lihat gerhana matahari total | Via: istimewa

3. Bisa juga memakai kacamata berbahan aluminized mylar dan dilapisi lapisan pelindung berwarna metalic silver untuk meredam laju sinar infra merah gerhana matahari 2016.

Kacamata khusus melihat gerhana matahari total 2016 | Via: istimewa

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading