Sukses

Lifestyle

Telaga Biru Semin, Danau Kelimutu ala Gunungkidul

Fimela.com, Jakarta Gunungkidul kini dikenal sebagai daerah wisata purba yang memiliki banyak pesona. Sebut saja gua vertikal Jomblang yang sudah dikenal sangat indah. Sinar yang masuk pada siang hari seolah seperti cahaya dari langit. Gunungkidul juga memiliki banyak destinasi 'pantai perawan' yang jarang dikunjungi wisatawan musiman.

Salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang kini juga tengah menanjak popularitasnya adalah Telaga Biru Semin Gunungkidul. Warga sekitar kerap menyebutnya dengan Banyu Biru Candirejo. Benar, lokasi Telaga Biru Semin ini berada di Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kecamatan Semin Gunungkidul. Dengan jarak sekitar 54 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, destinasi wisata hits ini dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam saja.

 

A photo posted by Aldista Alvan Sadega (@alvandii_) on

Telaga biru Semin Candirejo ini diperkirakan merupakan lokasi bekas tambang batu. Bukit yang tadinya tinggi kini sedikit demi sedikit menjadi terkikis karena penambangan batu. Penambangan batu yang dilakukan warga ternyata tujuannya untuk membuat kerajinan.

Benar, sisa-sisa tambang batu ini akhirnya meninggalkan sebuah telaga dengan air yang kadang berwarna biru dan kadang berwarna kehijauan. Dalam lubang yang berbeda, telaga biru Semin ini terlihat seperti mini Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna. Hingga saat ini Telaga Biru Semin ini pesonanya kerap di bandingkan dengan keindahan telaga warna Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

 

A photo posted by Devan Tama Candra W (@devan_tama) on

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading