Sukses

Lifestyle

Rekan Bisnis Jauh? 3 Cara Ini Bisa Bangun Komunikasi Lancar

Fimela.com, Jakarta Memiliki sebuah bisnis yang punya range tak hanya membuatmu punya pelanggan di berbagai wilayah, bahkan negara. Tapi juga memiliki klien dan tim yang anggotanya tinggal di lokasi yang berbeda. Membangun hubungan jarak jauh tak mudah. Kerap kali, para pemula mengakhiri kerja sama dalam situasi ini. 

Namun, seperti dilansir dari Tech in Asia, memiliki rekan bisnis yang jaraknya jauh darimu tak jadi alasan untuk memutuskan kerja sama. Asalkan, tiga hal ini bisa kamu pegang teguh agar komunikasi lancar dan efektif. 

Bedakan pekerjaan dan urusan pribadi. Ketika kamu punya rekan bisnis yang jaraknya jauh darimu, kamu memang punya waktu kerja yang fleksibel. Tapi, hal ini juga bisa memberikan dampak buruk buatmu. Kamu bisa saja bekerja terus menerus, meski jam kerja sudah habis. Apa lagi, ada perbedaan waktu antara kamu dan rekan. Karena itu, kamu harus bisa membedakan, kapan waktunya bekerja dengan mereka, kapan waktunya me time. 

Sering-sering berkomunikasi. Karena kamu dan rekan berbeda wilayah, miskomunikasi kemungkinan besar bisa terjadi. Tapi tenang, hal ini tak akan kerap mengganggu hubungan bisnismu. Asal kamu dan rekan sering-sering berkomunikasi. Apa pun yang terjadi, pastikan kamu membicarakannya dengan rekan kerja. Agar, komunikasi tetap berjalan dengan baik. 

Selalu dekat dengan pekerjaan. Karena kamu bisa bekerja di mana saja, bahkan di luar kantor dan rumah, kamu kadang dibutuhkan rekan untuk bekerja di waktu-waktu yang 'tidak tepat.' Misalnya, ketika kamu sedang bersantai di sebuah kafe, tiba-tiba kamu diperlukan oleh tim. Jangan sampai kamu tak memiliki bahan dan alat yang kamu butuhkan saat itu. Karenanya, pastikan kamu selalu membawa pekerjaan ke mana pun kamu pergi. Kalau tak bisa, pastikan kamu tidak jauh dari kantor atau rumah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading