Sukses

Lifestyle

4 Fakta Caroline Herschel yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Berulang tahun ke-266, hari jadi Caroline Herschel dirayakan Google pada Rabu (16/3). Berlatar 'bintang jatuh', Doodle unik ini dirasa sangat merepresentasikan sosok perempuan asal Jerman tersebut. Langsung saja simak sederet fakta tentang Caroline Herschel berikut, menurut Telegraph.

Perempuan pertama yang mendapat penghargaan atas prestasi yang ditorehkan. Medali emas penghargaan Royal Astronomical Society berhasil dibawa pulang Caroline pada 1828. Kejadian tersebut membuat Caroline jadi perempuan pertama yang berhasil memboyong medali karena telah berkontribusi dalam bidang sains.

Caroline Herschel. (quotesgram.com)

Sakit di masa kecil membuat tubuh Caroline tak bisa tumbuh dengan semestinya. Berasal dari keluarga yang hidup di area pedesaan Jerman, Caroline sempat mengidap tifus, di mana penyakit tersebut menghambat pertumbuhan tubuh dan meninggalkan sejumlah bekas luka di beberapa bagian. Ia tak pernah tumbuh lebih tinggi dari sekitar 1,2 meter. Keadaan itu pun sempat menumbuhkan asumsi bahwa ia tak akan pernah menikah.

Caroline Herschel. (ieee.bilkent.edu.tr)

Saudara laki-laki Caroline jadi sosok paling berpengaruh atas pembentukan kariernya. Setelah masa kecil yang sulit, Caroline pindah ke Britania Raya untuk menyusul sang kakak, William. Memulai 'perjalanan' sebagai musisi, William memberi pengaruh banyak pada Caroline. Hingga akhirnya 'banting setir' mendalami astronomi, Caroline pun 'tertular' kegemaran sang kakak.

William, saudara lelaki yang berpengaruh dalam karier Caroline Herschel. ()

Penemuan komet jadi 'karya' Caroline yang paling menyedot perhatian. Sebenarnya, Caroline berhasil menemukan total 7 komet, namun ia hanya berkontribusi penuh atas 5 di antaranya. Beberapa komet yang ia temukan, seperti 35P/Herschel-Rigollet, menggunakan nama Caroline.

35P/Herschel-Rigollet, komet temuan Caroline. (Telegraph)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading