Sukses

Lifestyle

Kaki dan Tangan Palsu Buatan Si Tangan Besi

Fimela.com, Jakarta Sun Jifa berusia 63 tahun dari desa Guanmashan provinsi Jilin menjadi populer dan lebih dikenal selama bertahun-tahun, "Sun bertangan besi." Setelah kehilangan lengannya 36 tahun yang lalu, ia telah mengabdikan waktunya membuat sepasang "tangan besi" untuk dirinya sendiri. Lalu digunakan untuk membuat lebih banyak lagi 'sepasang tangan besi" itu guna membantu orang lain.

Pada tahun 1974, Sun bergabung dengan PLA dan menjabat sebagai spesialis artileri. Sejak saat itu, ia telah mengambil alih dalam bahan peledak. Setelah itu Sun pensiun dari tentara 5 tahun kemudian dan kembali ke rumah untuk menikah.

Setelah kehilangan lengannya 36 tahun yang lalu, ia telah mengabdikan waktunya membuat sepasang

Suatu hari di bulan September 1980, ia ingin mengambil beberapa ikan untuk istrinya yang sedang hamil untuk santapannya. Menurutnya, daripada menggunakan pancing, ia lebih baik menggunakan detonator yang ia buat sendiri untuk merangsang ikan keluar langsung dari kolam. Sayangnya, detonator meledak ketika masih digenggamannya, lantas melukai lengan dan tangannya. Lantas, diumur 27 tahun, Sun harus rela tangannya diamputasi sampai siku untuk bertahan hidup.

Tangan sampai siku yang diamputasi sejak saat Sun berumur 27 tahun. (via: shanghaiist.com) 

Dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter tentang hidupnya, Sun mengakui bahwa kecelakaan itu membuat ia gelap mata, lantas ia pun pernah mencoba bunuh diri. Namun, dengan dukungan dari keluarga dan teman-temannya ia pun menyadari bahwa perbuatan itu salah. Sun pun tidak ingin menjadi beban bagi keluarganya dan mulai mempunyai ide untuk membuat sepasang tangan.

Ini tangan besi buatan Sun. (via: shanghaiist.com)

Tangan besi yang dubuat Sun untuk penyandang difabel lainnya. (via: shanghaiist.com)

Menurut Shanghaiist.com, Sun membuat sepasang tangan pertamanya tahun 1984. Tangan tersebut terbuat dari plastik, karet dan besi. Tidak puas dengan itu, ia terus memperbaiki desainnya selama bertahun-tahun.

Tangan tersebut terbuat dari plastik, karet dan besi. (via: shanghaiist.com)

Secara total, ia telah mengembangkan empat generasi dari tangan mekanik yang fungsional untuk kaum difabel, yang telah memungkinkan ia untuk menggosok gigi, memotong kayu, las besi, bermain catur, bemain harmonika, serta menjawab panggilan telepon dan menggerakkan traktor.

Bisa digunakan untuk mengelas besi. (via: shanghaiist.com)

Mengendarai traktor. (via: shanghaiist.com)

memainkan harmonika. (via: shanghaiist.com)

Menggendong anjing peliharannya. (shanghaiist.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading