Sukses

Lifestyle

Buah Mengkudu Andalan TNI untuk Sehat Bikin Militer Asing Melongo

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti heran, apa sih rahasia tubuh sehat, kekar, gak gampang sakit ala Tentara Nasional Indonesia (TNI) kita? Ternyata tak lain tak bukan karena mereka mengkonsumsi buah serta tanaman herbal dan berkhasiat. Bumi Indonesia dikaruniai berbagai tumbuhan yang membuat badan fit. Tumbuhan tersebut ada yang dibudi daya maupun tumbuh liar di hutan. Jika tengah bertugas di pedalaman, TNI memanfaatkan tanaman-tanaman tersebut untuk bertahan hidup sekaligus menyehatkan. Salah satunya, buah mengkudu. Bahkan militer asing dibuat melongo saat TNI menyantap mengkudu mentah-mentah tanpa diolah. 

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 34 manfaat buah mengkudu yang bisa dirasakan. Mulai dari meredakan sakit kepala, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti bakteri, mengobati diabetes, mengobati asam urat, dan sebagainya. Sungguh keren, kan manfaat mengkudu? Lihat tabel di bawah ini untuk lebih lengkapnya.

34 Khasiat buah mengkudu | Via: istimewa

34 Khasiat buah mengkudu | Via: istimewa

Namun hati-hati. Mengkudu juga punya efek samping yang kurang baik jika dikonsumsi berlebihan atau dalam kondisi tertentu. setidaknya ada 3 kondisi dimana kamu tidak diwajibkan makan mengkudu tanpa pengawasan dokter. Kondisi apa saja? Ini dia.

1. Bagi ibu hamil dan menyusui. Hindari mengkonsumsi buah mengkudu saat hamil karena secara historis, buah mengkudu kerap digunakan untuk aborsi. Sama halnya pada saat menyusui, perlu menghindari pengonsumsian buah mengkudu, karena tidak cukup diketahui tentang keamanan buah mengkudu ini selama menyusui.

Mengkudu. (Via: sites.google.com)

2. Masalah ginjal. Dalam kandungan buah mengkudu terdapat kalium dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini bisa menjadi masalah, terutama bagi orang-orang dengan penyakit ginjal. Jangan mengkonsumsi mengkudu jika memiliki masalah ginjal, ya.

3. Penyakit liver – Buah mengkudu banyak dikaitkan dengan beberapa kasus kerusakan hati. Hindari mengkonsumsi mengkudu jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.

Nah, sekarang sudah tahu kan resep rahasia dan alami kesehatan TNI kita? Perlu dipraktikkan di rumah nih, ya guys. Boleh rutin namun tidak boleh terlalu sering lantaran belum ada penelitian lebih lanjut jika mengkudu benar-benar menyembuhkan sebuah penyakit.

TNI kita mengandalkan buah dan tanaman herbal untuk menjaga kesehatan fisik. Hal ini bikin militer negara lain nganga

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading