Sukses

Lifestyle

Jessica Wongso Diketahui Idap Bipolar, Penyakit Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Jessica Kumala Wongso, namanya kembali hangat setelah sebuah situs berita nasional memuat kesaksian sumber dari penyidik Polda Metro Jaya yang menyebutkan dia mengidap bipolar. Sumber Polda Mentro Jaya itu berdasarkan keterangan Kepolisian Federal Australia (AFP). AFP mengumpulkan data-data soal Jessica, si tersangka pembunuh Wayan Mirna Salihin dengan menggunakan kopi bercampur sianida. Yang mencengangkan yakni, ternyata perempuan berambut panjang itu mengidap bipolar. 

Kehidupan sosial dan kejiwaan Jessica diselidiki lebih jauh. Dengan membawa ahli kejiwaan, polisi banyak bertanya serta 'sharing' dengan rekan-rekannya di Australia. Hasilnya sungguh mengejutkan, Jessica ternyata begitu menyebalkan di mata teman-temannya. Rusuh dan gemar bikin repot. Lebih jauh ahli kejiwaan mendiagnosa Jessica memiliki bipolar. Dia memiliki 21 sikap menyimpang yang biasanya dimiliki psikopat!

Jessica Kumala Wongso (tengah) saat di gelandang petugas Polda Metro Jaya ke ruang tahanan, Sabtu (30/1). Jessica ditahan selama 20 hari untuk jalani pemeriksaan lanjut kasus kopi sianida. (Liputan6.com/JohanTallo)

Namun apa itu bipolar? Dari kamus wikipedia.org, bipolar disebut gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrim berupa mania dan depresi, karena itu istilah medis sebelumnya disebut dengan manic depressive. Suasana hati penderitanya dapat berganti secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang berlebihan tanpa pola atau waktu yang pasti.

Setiap orang pada umumnya pernah mengalami suasana hati yang baik (mood high) dan suasana hati yang buruk (mood low). Akan tetapi, seseorang yang menderita gangguan bipolar memiliki ayunan perasaan (mood swings) yang ekstrim dengan pola perasaan yang mudah berubah secara drastis. Suatu ketika, seorang pengidap gangguan bipolar bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Saat suasana hatinya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, saat rekonstruksi. (Istimewa)

Begini tanda-tanda bipolar yang dirangkum Bintang.com.

1. Gembira berlebihan.
2. Mudah tersinggung sehingga mudah marah.
3. Merasa dirinya sangat penting.
Merasa kaya atau memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain.
4. Penuh ide dan semangat baru.
Cepat berpindah dari satu ide ke ide lainnya.
5. Mendengar suara yang orang lain tak dapat mendengarnya.
6. Nafsu seksual meningkat.
7. Menyusun rencana yang tidak masuk akal.
8. Sangat aktif dan bergerak sangat cepat.
9. Berbicara sangat cepat sehingga sukar dimengerti apa yang dibicarakan.
10. Menghambur-hamburkan uang.
Membuat keputusan aneh dan tiba-tiba, namun cenderung membahayakan.
11. Merasa sangat mengenal orang lain.
12. Mudah melempar kritik terhadap orang lain.
13. Sukar menahan diri dalam perilaku sehari-hari.
14. Sulit tidur.
15. Merasa sangat bersemangat, seakan-akan satu hari tidak cukup 24 jam.

Benarkah Jessica Kumala Wongso mengidap bipolar? Semua akan terungkap di persidangan nanti ya, guys. Sebelum hal itu dibuktikan, kamu kudu berprasangka baik dan menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah pada Jessica, ya. 

Sebuah forum di Indonesia memuat dosa polisi Indonesia pada Jessica Kumala Wongso. Ini daftarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading