Sukses

Lifestyle

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini!

Fimela.com, Jakarta Tepat hari ini, Rabu (23/3), Indonesia 'disambangi' gerhana bulan penumbra. Sebagaimana diwartakan Liputan6.com, fenomena yang terjadi tepat setelah dua minggu gerhana matahari total tersebut akan berlangsung mulai pukul 16.36 WIB di seluruh wilayah Indonesia.

"Gerhana bulan penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat 2 minggu setelah gerhana matahari total," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Taufik Hermawan, Senin (21/3), seperti dilaporkan Liputan6.com.

Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra. (museumvictoria.com.au)

Taufik menambahkan, Gerhana bulan Penumbra akan mencapai puncak pada pukul 18.47 WIB dan berakhir pukul 20.57 WIB. "Masyarakat bisa menyaksikan gerhana bulan penumbra jika diamati secara detail dan cuaca benar-benar cerah," ujarnya, sebagaimana dimuat Liputan.com.

Taufik juga menjelaskan, gerhana bulan penumbra terjadi akibat terhalangnya cahaya matahari oleh Bumi sehingga tak semua sampai ke bulan. "Pada tahun ini, terjadi 3 kali gerhana bulan penumbra, yakni pada 23 Maret, 18 Agustus, serta 17 September," tutur Taufik, seperti dilansir Liputan6.com.

Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra. (timeanddate.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading