Sukses

Lifestyle

'Streaming' Siaran Langsung Tak Berkualitas, Masalah Bandwidth?

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti setuju, dengan adanya Internet, hidupmu sangat terbantu. Mulai dari urusan pekerjaan, hingga hiburan. Tentu saja dengan adanya Internet kamu bisa menjamah ranah yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Kamu juga bisa menonton siaran langsung lewat streaming video. Seperti menonton Super Bowl, siaran langsung pertandingan sepak bola, dan lainnya. 

Masalahnya, saat kamu melakukan streaming siaran langsung, pasti kamu kerap mengalami buffering. Atau bahkan suara dan gambar tidak sinkron. Kebanyakan orang berpikir masalah yang bikin kamu kesal ini karena kurangnya bandwidth atau Internet kamu lemot. Tapi, ternyata alasan ini tidak selamanya benar. 

Dilansir dari Fast Company, buffering ini bukan karena bandwidth tapi kurangnya uang yang perusahaan investasikan untuk memastikan streaming mereka lancar. Day Rayburn, seorang analis streaming video dari Frost & Sullivan, telah lama memerhatikan media online dan penyiaran. Dia mengatakan kepada Awful Announcing perusahaan TV di Amerika Serikat menggunakan banyak kelebihan dan peluang dari media dan teknologi online. Tapi sayangnya, mereka tidak menggunakan uang yang cukup untuk membuat kualitas streaming sangat bagus. 

Streaming tidak lancar, apa masalahnya? | via: youtube.com

Selain itu, Rayburn melanjutkan, orang-orang yang bekerja di TV online tidak terlalu memerhatikan kualitas streaming. Pasalnya, mereka hanya memerhatikan, berapa jumlah klik yang mereka dapat saat siaran langsung itu ditonton banyak orang lewat Internet. Nah, ini dia yang membuatmu kesal setiap kali video buffering saat menonton siaran langsung. 

Streaming tidak lancar, apa masalahnya? | via: dacast.com

Tapi, kedua alasan di atas hanya berlaku kalau kamu sudah menggunakan device yang mendukung Internet super cepat. Lagi pula, kalau kamu memang ingin streaming lancar, kamu juga harus menggunakan Internet yang berkualitas. Kalau device dan kualitas Internet sudah memadai tapi masih juga buffer, berarti masalahnya ada di perusahaan dan penyelenggara siaran langsung tersebut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading