Sukses

Lifestyle

Belum Sukses? Mungkin 5 Ketakutan Ini yang Jadi Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Rasa ceman yang kerap melanda saat kamu belum juga sukses sebenarnya sangat membuang-buang waktu. Pasalnya, rasa cemas ini ibarat membayar bunga yang sama sekali bukan utangmu. Thought Catalgue menulis, rasa cemas ini berakar dari rasa takut.

Nah, kalau kamu cemas karena tak pernah bisa sukses meskipun kamu sudah melakukan segala hal, mungkin ini akibat dari rasa takut yang selalu menghantuimu selama ini. Ada beberapa rasa takut yang menahanmu sehingga kesuksesan tak juga teraih. Apa saja rasa takut itu?

Takut buang-buang waktu. Kamu tahu apa yang menjadi tujuan dalam hidup. Kamu tahu betul itu adalah mimpi yang harus terwujud, tak peduli kapan. Tapi, kamu masih bingung. Dari sejuta cara yang kamu pikir bisa menjadi jalan untuk mencapai kesuksesan tak akan berhasil. Selama kamu melakukan uji coba, kamu takut hanya membuang-buang waktu. Padahal, kalau kamu tidak coba, kamu tak pernah tahu hasilnya, kan?

Takut bokek. Untuk menghasilkan uang, kamu harus mengeluarkan uang. Ini sudah jadi hukum. Tapi, karena banyak cara yang kamu lakukan tak juga berhasil, kamu akhirnya malah takut kehabisan uang. Jangan takut untuk menghabiskan uang selama uang itu digunakan sebagai 'modal' meraih kesuksesan. Asalkan, kamu sudah mencari tahu ke berbagai sumber terpercaya kalau uang yang kamu habiskan untuk 'modal' kemungkinan besar akan berhasil. 

 

A photo posted by Fwtf_thomas (@thomassherrer) on

Meragukan kemampuanmu. Mungkin kamu sesekali pernah mengalami hal ini. Ketika kamu gagal untuk kesekian kalinya, kamu berpikir kalau kamu tidak mampu untuk melakukannya. Entah tidak sanggup dalam hal finansial, atau tidak sanggup karena tidak capable. Hal ini wajar dan memang terjadi pada sebagian besar orang. Hanya saja, perasaan ini bisa kamu tanggulangi dengan terus belajar tanpa henti. 

Takut gagal. Orang sukses mana yang tidak pernah gagal? Mulai dari Richard Branson, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jack Ma, Bob Sadino, Merry Riana, dan orang sukses lainnya pernah gagal berkali-kali dalam hidupnya. Jadi, kamu yang baru saja mulai rasanya tak pantas memendam rasa takut itu. Jadi, jangan takut untuk gagal dan selalu berinovasi. 

 

A photo posted by Ramona Gren (@ramrob1) on

Takut sukses. Tak semua orang sadar kalau mereka takut dengan kesuksesan. Bukan karena tidak mampu dan tak tahan dengan tempaan. Tapi mereka justru terkejut dengan kemampuan mereka yang ternyata bisa melampaui batas. Mereka juga takut dikuasai oleh kekuasaan yang mereka miliki. Mereka takut dengan perubahan lingkungan, orang-orang yang ada di sekitar mereka, dan dunia baru di mana mereka harus tinggal ketika sukses. 

 

A photo posted by Shilpa Mudiganti (@shilpa_mudiganti) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading