Sukses

Lifestyle

Unik, Kambing-kambing Ini Hobi Bergelayut di Pohon

Fimela.com, Jakarta Tetap di tanah dengan kebiasaan yang itu-itu saja boleh jadi gambaran akan kambing di Indonesia, namun tidak bagi 'saudara' mereka di Maroko. Di negara ramah traveler muslim tersebut, kambing biasa terlihat bergelayut di pohon. Berdasarkan hasil penelitian, kambing asli Maroko memiliki bentuk kaki yang membuat mereka mudah mencengkam dahan pohon. 

Setiap kaki memiliki dua jari yang dapat dilebarkan, sehingga mereka mampu mengatur keseimbangan. Di samping itu, tapak kaki berkontur lembut menolong para kambing untuk mencengkam batang pohon. Jadi, para kambing dengan mudah memanjat dan nyaman berlama-lama di atas pohon.

Kambing di Maroko dikenal suka memanjat pohon. (slate.com)

Kambing Maroko ini biasanya memanjat pohon argan untuk memakan buahnya. Melihat kebiasaan tersebut, petani setempat memanfaatkan kambing-kambing tersebut dengan cara mengambil biji argan yang ternyata tak bisa dicerna oleh binatang berkaki empat tersebut. 

Biji ini kemudian diolah menjadi minyak atau sering disebut emas cair karena berkhasiat sebagai pelembab wajah untuk mencegah penuaan, juga sebagai penyembuh bekas luka. Manfaat biji tersebut sudah diyakini sejak tahun 1550 sebelum masehi.

Saat ini, pohon argan dinyatakan spesies yang hampir punah. Karenanya, pemerintah setempat melakukan pelarangan bagi kambing untuk memanjat pohon di waktu tertentu dalam setahun.

Kambing di Maroko dikenal suka memanjat pohon. (ripleys.com)

Kambing di Maroko dikenal suka memanjat pohon. (Gavin Oliver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading