Sukses

Lifestyle

Mengintip Kebudayaan Minahasa dengan Kolaborasi Musik dan Tari

Fimela.com, Jakarta Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan pelestarian suku budaya. Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai tradisi kebudayaan masing-masing yang memperkenalkan ke khasan daerahnya. Sebagai penerus bangsa, kita pun harus tahu dan mengenal macam suku dan budaya yang ada.

Salah satu suku di Indonesia yaitu suku Minahasa di daerah Sulawesi. Suku Minahasa adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Sulawesi Utara, Indonesia. Suku Minahasa merupakan suku bangsa terbesar di provinsi Sulawesi Utara.

Untuk mengenalkan lebih jauh suku Minahasa, di acara Pesona Minahasa yang diselenggarakan oleh Sanggar Bapontar, kamu akan tau kebudayaan apa saja yang terdapat pada suku Minahasa. Adapun acara ini dibuat demi mengenalkan dan melestarikan kebudayaan Minahasa kepada banyak orang, agar tak hanya suku Minahasa saja yang dapat menikmati acara ini, tetapi juga masyarakat dari suku lain dan beragam suku lainnya bisa mengetahui dan saling menikmati kebudayaan Minahasa ini.

Acara yang diadakan ini bagus banget, secara langsung memperkenalkan budaya Minahasa, baik dari seluruh tarian maupun nyanyiannya. Selain itu, Minahasa juga terkenal dengan kulinernya. Acara ini pun sangat mengangkat budaya-budaya yang belum banyak terlihat anak-anak muda di Jakarta," kata Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Kementrian Pariwisata.

Acara yang diselenggarakan pada, Minggu (1/5/2016) yang bertempat di Ancol Beach City Mall sangat ramai dikunjungi mayoritas orang yang bersuku Minahasa. Dari mulai anak muda sampai orang tuanya pun turut hadir. Mereka semua terhanyut dengan berbagai macam suguhan yang membuat siapapun yang menyaksikan tidak hanya diam, tapi ikut mengikuti alunan dan tariannya.

Suguhan musik dari regu Kolintang Bapontar dapat menghipnotis para pengunjung untuk mengikuti nyanyian dan bersenandung bersama dengan indahnya.

Pertunjukan musik oleh Kolintang Bapontar. (via: Galih W. satria/Bintang.com)

Kebudayaan dari setiap daerah memang mempunyai tradisi sendiri, seperti pertunjukkan pesona Minahasa yang ditampilkan oleh sanggar Bapontar.

Tak lama disusul dengan pertunjukkan oleh Kolintang Bapontar Ladies yang sangat apik dan indah membawakan lagu lagu Minahasanya. Siapa yang tak ingin ikut bernyanyi juga bila penyanyinya pun enerjenik membawakan lagunya.

Pertunjukan musik oleh Kolintang Bapontar Ladies. (via: Galih W. satria/Bintang.com)

Bukan hanya musik saja yang ditunjukkan, tetapi berbagai macam tariannya pun juga dapat menarik perhatian penonton. Seperti tarian Katrili yang dibawakan 4 penari cantik dengan 1 lelaki yang menambah keseruan sore kemarin.

Pertunjukan musik oleh Tari Katrili. (via: Galih W. satria/Bintang.com)

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Absen dari Miss Universe 2021 yang Digelar di Israel
Artikel Selanjutnya
Mulai 1 Desember 2021, Warga Indonesia Diizinkan Masuk ke Arab Saudi