Sukses

Lifestyle

Tak Harus Kuliah, Ini 4 Hal yang Bisa Dipertimbangkan Selepas SMA

Fimela.com, Jakarta  Masa SMA kini selesai sudah. Tak ada lagi rok abu-abu dan kemeja putih. Kehidupan di SMA yang penuh dengan keceriaan dan persahabatan nan erat memang tak akan pernah tergantikan. Meskipun begitu, hidup tetap harus berjalan. Berangan untuk menghentikan waktu justru hanya akan membuatmu jalan di tempat. 

Usai lulus SMA, sebagian besar orang berpikir untuk langsung melanjutkan kuliah. Ada yang akan memilih universitas ternama, ada pula yang ingin menuntut ilmu di universitas luar negeri. Tapi, percaya atau tidak kuliah bukan pilihan tunggal selepas lulus SMA. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan, yang sanggup menentukan masa depanmu nanti.

Langsung kerja. Langsung bekerja setelah lulus SMA bukan berarti kamu tak mampu atau malas untuk kembali ke bangku sekolah. Tapi kamu mungkin ingin mencari pengalaman terlebih dahulu. Lagi pula, kini mencari pekerjaan dengan titel lulusan SMA tidak lagi sulit. Kamu bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan di Job Fair 2016 yang sudah digelar sejak 3 Mei lalu. Dilansir dari salah satu media nasional, Job Fair tahun ini ternyata menyasar lulusan SMA dan SMK. Untuk informasi mengenai jadwal, silahkan lihat di sini

Ikut kursus. Mungkin kamu merasa kuliah itu terlalu umum dan memakan waktu yang lama. Tidak masalah, lho! Tapi, sudah coba untuk mencari informasi tentang kursus belum? Kamu yang ingin memiliki keterampilan khusus tidak perlu kuliah. Misalnya, kamu ingin buka usaha butik. Kamu bisa ikut kursus menjahit dan fashion design. Atau, kamu ingin menjadi barista? Ada juga lho, kursusnya!

Buka usaha. Buat kamu yang punya banyak ide menarik, bisa langsung buka usaha. Apa saja boleh, asal idemu bisa menjawab kebutuhan banyak masyarakat. Memang, ada banyak ilmu yang harus kamu pelajari tentang bisnis. Tapi, menjalani bisnis sambil jalan kan juga bisa. 

 

A photo posted by sandimO (@mang_sandimo) on

Traveling! Ya, tidak ada salahnya beristirahat dan menjauh dari ruang kelas dalam beberapa waktu. Kamu bisa menggunakan tabunganmu yang selama ini sudah tersimpan lama sejak masuk SMA atau bahkan SMP. Kamu bisa menjelajahi Indonesia, atau juga luar negeri dengan menjadi backpacker. Tapi, sebelum itu, lebih baik kamu baca buku-buku traveling dan juga banyak bog, ya. 

 

A photo posted by Nancy (@nancyd0tcom) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading