Sukses

Lifestyle

Bukannya Melawan Orangtua, Ini 5 Alasan Kamu Harus Tentukan Hidup

Fimela.com, Jakarta Orangtua memang jasanya tak pernah bisa terbayarkan. Mematuhi semua keinginan dan mewujudkan keinginan mereka juga merupakan kewajibanmu. Maka, menjadi hal yang wajar kalau kamu mendengarkan semua perkataan orangtua. Nasihat-nasihat dan kehendak mereka selalu kamu dengarkan. 'Kasarnya,' kamu selalu 'nurut' sama mereka. 

Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu tentukan sendiri. Bukannya melawan dan tidak lagi menganggap mereka sebagai orangtua. Namun, hidup itu kamu yang menjalani hingga kamu menutup usia nanti. Selagi masih muda, jalan dan pilihan mana pun tak menjadi masalah. Selama kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu pilih. 

1. Jurusan di perguruan tinggi memang sangat berpengaruh pada kehidupanmu. Wajar, kalau orangtua takut kamu salah ambil jurusan. Akibatnya, kamu akan merasa bosan dan menjadi malas untuk menuntaskan kuliah. Tapi, kamu harus yakinkan kedua orangtua, kalau kamu juga punya mimpi. Kamu ingin menentukan sendiri jalur hidupmu. 

 

A photo posted by Nulek Yongsakul (@lekyongsakul) on

2. Katakan, tolong jangan paksa dirimu yang ingin berkarier terlebih dahulu. Jodoh memang perlu dicari. Tapi, kamu masih ingin fokus dengan pekerjaan atau bahkan kuliah yang tinggal selangkah lagi selesai. Menemukan cinta juga perlu persiapan yang matang. Dan sekarang ini, kamu masih dalam proses memantaskan diri untuk menikahi calon menantu yang berkualitas. 

 

A photo posted by trisha (@twishiiie) on

3. Orangtua memang sangat menyayangimu, hingga tak sanggup rasanya kalau tinggal terlalu jauh darimu. Meskipun ada adik dan kakak, rasanya tak melihatmu seharian saja menimbulkan rindu yang mendalam. Tapi cobalah yakinkan mereka, kalau kamu baik-baik saja berkuliah di luar kota atau bahkan luar negeri. Janjikan kesuksesan dan keberhasilan yang akan kamu bawa pulang kelak. 

 

A photo posted by SUN Education (@sunedugroup) on

4. Semua yang kamu pilih mungkin belum tentu baik di mata orangtua. Mulai dari jurusan, bidang pekerjaan, hingga jalan hidup yang telah kamu tentukan. Mungkin kamu hanya jiwa yang masih mencari jawaban dari jutaan pertanyaan dalam benak. Wajar kalau kamu melakukan banyak kesalahan. Tapi, yakinlah. Penjelasan yang kerap kamu katakan terus-menerus akan melunakkan hati mereka dan berbalik mendukungmu. 

 

A photo posted by @ahnorrahrose on

5. Pekerjaan yang kini kamu jalani mungkin tak begitu banyak penghasilannya. Bahkan, diusiamu yang sudah mendekati kepala tiga pun kamu masih tak sanggup mandiri, tinggal di rumah sendiri. Tapi percayalah pada kemampuanmu untuk terus berusaha. Katakan kepada mereka, suatu saat nanti kamu pasti berhasil. Selama kamu bertanggung jawab dengan pilih dan tak pernah lelah untuk berjuang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading