Sukses

Lifestyle

#10thGempaJogja Jadi Cara Netizen Kenang Musibah di Kota Budaya

Fimela.com, Jakarta Matahari belum sepenuhnya terlihat kala Yogyakarta diguncang gempa berkekuatan 5,9 skala ritcher pada 27 Mei, 10 tahun silam. Guncangan selama 57 detik yang terjadi pukul 05.53 WIB tersebut memporak-porandakan rumah, gedung, juga sejumlah bangunan sisa kejayaan masa lalu, yakni Candi Borobudur dan Prambanan.

Panik, warga berhamburan ketika itu. Mereka yang ada di dataran rencah berlarian menuju tempat lebih tinggi karena takut tsunami. Sementara yang ada di sekitar Merapi, berbondong-bondong pergi ke dataran rendah, takut gunung itu meletus. Akibat peristiwa tersebut, sebagaimana diwartakan Liputan6.comsetidaknya 6.234 nyawa melayang.

Satu dekade berlalu, sirine ambulans yang begitu intens terdengar, memori akan retak besar di jalan raya, tangisan sendu, ratapan menyayat hati, serta rasa trauma untuk pulang, sekarang hanya jadi kenangan. Dengan ritme perlahan, kota budaya pulih.

Masih dalam upaya untuk mengenang tragedi pahit bertahun lalu, netizen berkicau dengan #10thGempaJogja. Sebagian mengajak untuk lantunkan doa bagi mereka yang berpulang, sementara sisanya kembali 'melontarkan' ingatan pada detik-detik gempa mengguncang kota di selatan Jawa tersebut. Berikut beberapa yang Bintang.com rangkumkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading