Sukses

Lifestyle

9 Fakta Qlue, Aplikasi yang Memudahkan Pengaduan Soal Jakarta

Fimela.com, Jakarta Banyaknya permasalahan yang menghinggapi ibu kota Jakarta membuat pemerintah akhirnya meluncurkan aplikasi mobile yang memudahkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berkomunikasi dengan pemerintah atau pihak swasta yang memiliki kepentingan publik bernama Qlue.

Dengan aplikasi ini, ketika kamu melihat permasalahan pada sarana publik di Jakarta, seperti jalanan berlubang, parkir dan buang sampah sembarangan, penyalahgunaan trotoar dan lainnya, kamu bisa melaporkannya. Dilansir dari Liputan6.com, setelah akhir Maret 2016 lalu Qlue mengumumkan update terbaru, kali ini Qlue menampilkan fitur baru berupa peluasan subjek pengaduan, nggak hanya bisa memberi saran atau kritik ke pemerintah, tetapi warga kini juga bisa mengadu ke perusahaan swasta terkait. Selain fakta tersebut, masih ada beberapa lagi fakta yang bisa kamu simak tentang Qlue. Berikut penjelasannya.

Qlue merupakan bagian dari pencangan Smart City. Menurut Ahok, kota yang pintar harus didukung oleh warga yang pintar pula. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Beralasan gaptek (gagap teknologi) dalam menggunakan Qlue, Ketua Rukun Warga (RW) 12 Kebon Melati dipecat. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Selain Qlue, ada CROP, yakni aplikasi yang hanya bisa diunduh oleh aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan aparat kepolisian. Keduanya saling bersinergi. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Bukan cuma tempat mengadu, Qlue juga memiliki fitur chatting, avatar, hingga tawaran poin yang bisa ditukarkan untuk hadiah. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Mirip Facebook, Qlue juga ada fitur dukungan serupa tombol like. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Kayak Twitter juga, pengguna Qlue juga memiliki follower dan following. Sesama pengguna Qlue bisa saling mengikuti. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Setiap laporan memiliki status yang ditandai dengan ikon bulat berwarna. Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Meski banyak penolakan, saat ini, Qlue dipakai oleh 500 ribu pengguna. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Jika kamu mengira Qlue adalah aplikasi buatan luar negeri, kamu keliru. (Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading