Sukses

Lifestyle

Turkish Van, Kucing yang Tidak Takut Air

Fimela.com, Jakarta Kucing pada umumnya takut dengan air. Tapi ras kucing ini sangat berbeda. Mereka tidak takut air sama sekali, justru senang berlama-lama di air. Bahkan, mereka memiliki kepandaian untuk berenang.

Adalah Turkish Van, kucing yang berasal dari Turki dan kemudian dikembangbiakan di Inggris sekitar tahun 1969. Kucing ini dijuluki kucing perenang karena suka dengan air. Turkish Van memiliki tubuh besar dan memiliki lapisan bulu yang unik yang membuatnya tahan air. Bulunya mudah kering jika terkena air. Turkish Van sangat senang bermain di kamar mandi, mencari sumber air seperti wastafel, toilet, kolam renang, dan bak mandi.

Warna bulu Turkish Van hanya ada satu, yaitu warna putih pada bagian badan dipadu dengan warna lain di sekitar wajah, telinga dan ekor seperti cokelat, merah, krem, dan hitam, serta ciri khas Turkish Van adalah ekornya yang mengembang. Dilansir dari Wikipedia, Turkish Van diketahui sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu di daerah asalnya, Anatolia. Berbagai catatan sejarah telah menunjukkan adanya kucing dengan "cincin putih" pada ekornya.

Selain itu, para arkeolog juga menemukan peninggalan-peninggalan pada masa perang penaklukan Armenia oleh bangsa Romawi. Peninggalan-peninggalan tersebut adalah berupa senjata dan bendera dengan gambar kucing besar yang bercincin putih pada ekornya.

Satu-satunya kucing yang tidak takut air |foto : Istimewa

Pada tahun 1955, ada dua orang wanita berkebangsaan Inggris yang bernama Laura Lushington dan Sonia Halliday, yang baru pertama kali melihat Turkish Van di Turki. Kemudian, mereka berdua membawa dua ekor kucing tersebut ke Inggris. Tak lama kemudian, kucing-kucing tersebut berkembangbiak dengan baik di Inggris. Pada tahun 1982, Turkish Van pertama kali dibawa ke Turki. Dan pada tahun 1994,Cat Fanciers' Association (CFA) mengakui ras Turkish Van sebagai "Champinship Class".

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading