Sukses

Lifestyle

Roda, Pengganti Kaki Kura-kura yang Diamputasi

Fimela.com, Jakarta Seekor kura-kura di kebun binatang, India kehilangan kaki depannya akibat diserang musang. Petugas medis kebun binatang akhirnya memberinya roda sebagai pengganti kaki melalui operasi kecil setelah melihat kura-kura tersebut tak dapat bergerak untuk meraih makanannya.

Kura-kura tersebut tinggal di Taman Zoologi Arignar Anna di Chennai, India. Menurut penuturan staf kebun binatang, setelah menerima roda itu, kura-kura tersebut bahkan bergerak lebih cepat dibanding 14 teman-temannya yang berbadan sehat.

"Saya belum pernah melihat hal semacam ini sebelumnya, tetapi itu sepertinya ide bagus," ujar Kenneth Krysko, manajer koleksi herpetologi dari Museum Sejarah Alam Florida di Gainsville seperti dilansir national geographic. Krysko melanjutkan prosedur memberikan roda modifikasi memang sudah banyak dilakukan untuk menyelamatkan kura kura yang kehilangan kaki. 

kaki kura-kura diganti dengan roda

Penyu dan kura-kura sering kali mengalami luka di kaki akibat serangan predator, termasuk kucing dan anjing domestik. Di Chennai, musang dilaporkan muncul dari hutan sekitar dan menyerang kura-kura di kandangnya.

Selain itu, penyu dan kura-kura juga kerap mengalami cidera dalam kebakaran, tertabrak mobil dan kecelakaan lainnya. Jika kehilangan alat gerak, mereka akan kesulitan mencari makan dan melakukan aktivitas harian.

Seorang dokter hewan memegang kura-kura yang berjalan menggunakan roda modifikasi di Taman Zoologi Arignar Anna di Chennai, India, 16 Juni 2016. Kura-kura malang itu kehilangan kaki kanan depannya akibat diserang musang. (Arun Sankar/AFP)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading