Sukses

Lifestyle

#PuasaDemiTemen, Gerakan Solidaritas Digital Yang Menyejukan

Fimela.com, Jakarta Di tengah maraknya perdebatan mengenai toleransi di bulan Ramadan, membuat para warga dunia maya, khususnya Youtubers membuat sebuah gerakan solidaritas lewat tagar #PuasaDemiTemen.

#PuasaDemiTemen adalah aksi ikut menjalankan puasa yang dilakukan beberapa Youtuber non-muslim, untuk menunjukan rasa solidaritas dan ikut merasakan perjuangan berpuasa teman-teman muslim mereka.

Aksi spontan yang pertama kali digagas oleh seorang Youtuber papan atas Chandra Liouw tak disangka menarik banyak perhatian dan menginspirasi banyak orang. Video pertama yang menceritakan tentang aksi ini ditonton lebih dari setengah juta orang dalam seminggu.

aksi  solidaritas dari youtubers non muslim dengan menjalankan puasa

Beberapa Youtuber papan atas Indonesia pun terinspirasi dan melakukan aksi serupa seperti Skinny Indonesian 24, Kevin Anggara, Rachel Goddard, dan Reza Sadha.

Selain itu, beberapa pesohor di dunia Instagram pun ramai-ramai membuat video pendek mengenai aksi #PuasaDemiTemen ini. Terbukti dari banyaknya post bila kita melakukan pencarian dengan hashtag #PuasaDemiTemen tersebut.

aksi  solidaritas dari youtubers non muslim dengan menjalankan puasa

Tak kalah dengan Youtube dan Instagram, Twitter pun ramai membicarakan aksi social ini. Beberapa akun Twitter papan atas berkomentar positif dan mendukung penuh gerakan ini, dan kerap kali tagar ini menjadi trending topic di Indonesia.

Menurut Chandra Liouw di videonya, aksi #PuasaDemiTemen ini tidak ada kaitannya dengan kegiatan keagamaan. Ini murni untuk menunjukan rasa solidaritas dan dukungan pada teman-teman yang sedang berpuasa. Chandra pun merasakan banyak makna yang ia dapat selama menjalankan puasa, terutama dalam hal mengontrol emosi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading