Sukses

Lifestyle

Paras Cantik Masjid Ummayad di Suriah yang Hanya Tinggal Kenangan

Fimela.com, Jakarta Dibangun antara abad ke-8 dan 13, Masjid Umayyad dikenal sebagai salah satu 'rumah' yang tersisa dari sang bapak baptis, John. Berlokasi di kota dinding kuno, Aleppo, tempat yang juga disebut sebagai Masjid Agung Damaskus ini luluh lantak akibat perang sipil pada April, tiga tahun silam.

Meski telah rata dengan tanah, masjid ini tetap dikenal sebagai salah satu yang mengemban sejumlah kisah penting. Tempat di mana Umayyad dulu berdiri aslinya merupakan kuil yang didedikasikan untuk Hadad di era Aram. Namun setelah pasukan Romawi merebut Damaskus, bangunan ini beralih menjadi gereja.

Perebutan kekuasaan kembali terjadi, namun kali ini muslim yang berhasil bertempat tinggal di Damaskus. Sebagaimana diwartakan Islamic Landmarks, umat muslim kala itu berbagi bangunan dengan pemeluk Nasrani dengan masjid di sebelah timur dan gereja di sisi barat.

Namun pola itu hanya berlangsung sekian tahun. Karena kebutuhan peribadatan, bangunan tersebut akhirnya dimenangkan kaum muslim. Ruang ibadah di masjid ini dulunya bisa diakses dari tiga lorong. Sehingga, memungkinkan mereka yang bukan muslim untuk tetap berkunjung.

Namun karena perang, Masjid Umayyad kini hanya berupa bangunan compang-camping. Berikut sejumlah paras cantik bangunan yang konsepnya sengaja menyerupai Masjid Nabawi sebelum jadi puing.

 

A photo posted by Maher Sanuor (@mahersanuor) on

 

 

A photo posted by Bassel Khabbaz (@bassel.khabbaz) on

 

 

A photo posted by ✨Turifah Yagan ✨ (@80_turifah) on

 

 

A photo posted by [臧泰Taizō] (@zangtai_taizo) on

 

 

A photo posted by Laura (@elle3per3) on

 

 

 

A photo posted by BAO Jiajie (@eddy_bao) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading