Sukses

Lifestyle

Paras Kota Cantik yang Berubah Jadi Museum Outdoor

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya soal sederet kota kuno bernuansa autentik, Eropa pun jadi salah satu destinasi yang muncul kala berbicara tentang jelajah museum. Bukan rahasia lagi, daratan di utara Bumi merupakan rumah bagi sejumlah museum, mulai dari yang berkonsep mainstream, hingga aneh nan menarik.

Di antara banyak, pernahkah kamu berpikir untuk menjelajah museum dengan konsep luar ruang? Adalah Praiano, kota kecil di Italia yang sanggup merealisasikan sensasi unik tersebut. Berada di pesisir Amalfi, kota ini telah dikenal sebagai salah satu sudut cantik yang sepadan untuk dijelajah di negeri asal pasta tersebut.

Paolo Sandulli, satu dari delapan seniman yang terlibat dalam NaturArte Project, di depan studio abad ke-13, Praiano, Italia. (Gianni Cipriano/New York Times)

Hendak mengukuhkan identitas, Praiano menambah keberagaman pesonanya. "Kami ingin memberi identitas yang kuat dan membuat kota ini jadi destinasi akhir para turis, bukan semata perlintasan," ungkap Roberto Pontecorvo, anggota Agenda Praiano, sebuah komunitas lokal, kepada New York Times.

Ide dari museum outdoor ini bermula dari sebuah grup kecil penduduk lokal yang mengkontribusikan uang dan waktu mereka. Dengan dukungan sejumlah pihak, seperti diwartakan New York Times, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar 250.000 euro (sekitar Rp3,6 miliar).

Dalam persiapan transformasi yang telah berlangsung sejak akhir Mei tahun ini, sukarelawan yang tak lain merupakan warga lokal sudah membenahi jalan-jalan kota, menghapus grafiti 'liar', dan memperbarui petunjuk jalan. Juga, peletakan beberapa lukisan dan patung yang jadi pameran museum outdoor tersebut.

Walikota Praiano, Giovanni Di Martino (kanan), menyingkap panel keramik karya Sandulli pada Mei, Praiano, Italia. (Gianni Cipriano/New York Times)Pemandangan dari salah satu sudut pesisir Amalfi Coast, Praiano, Italia. (Gianni Cipriano/New York Times)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading