Sukses

Lifestyle

Editor Says: Rizma Uldiandari, Guru Cantik yang Menginspirasi

Fimela.com, Jakarta Dunia entertain dipenuhi dengan sosok cantik dan tanpan, itu sudah biasa. Ketika ada sosok dari  dunia selain entertainmen yang kecantikannya setara dengan para bintang yang  kerap berseliweran di layar kaca dan juga layar perak,  akan menyedot perhatian. Contohnya saat Rizma Uldiandari, guru cantik dari Tegal muncul. Tak begitu lama setelah ia muncul, sosoknya menyedot perhatian warga dunia maya. Banyak yang penasaran, secantik apa ibu guru dari pesisir Utara Jawa Tengah ini?

***                                                                  

Cantik itu kata orang relatif, namun jelek itu absolut. Tulisan ini hanya akan fokus pada persoalan cantik, lebih khusus lagi soal kecantikan ibu guru Rizma yang sudah bikin banyak orang terbelalak.  Oleh sebab cantik itu relatif banyak sekali sisi yang bisa dikulik dari persoalan ini. Cantik menurut saya tentu berbeda dengan definisi yang anda pegang. Cantik menurut orang Eropa berbeda dengan orang Asia. Cantik menurut orang Batak berbeda dengan cantik menurut orang Papua dan seterusnya. Di sinilah relatifitas cantik terjadi. Semuanya berpangkal dari  subyek yang memandang dan sudut pandang yang diambil. Dari sisi apa sosok yang dikatakan cantik itu dilihat.

Inilah salah  satu wajah Rizma yang ia unggah di akun  instagramnya @dind.rizma.

Namun ada satu benang merah yang menyatukan sehingga seseorang akan dinilai cantik oleh banyak orang. Salah s atunya adalah kecantikan ragawi alias fisik. Cantik secara fisik biasanya dicerminkan dengan rupa yang menawan. Dunia hiburan akan menganggap seseorang disebut cantik apabila punya wajah yang aduhai; hidung mancung, mata bulat, kulit mulus, rambut lebat , wajah tirus dan lain-lain.  Citra seperti ini paling gampang kita temukan pada model iklan produk-produk kecantikan atau perawatan tubuh.

Sosok ibu guru Rizma yang rajin mengunggah foto dirinya di laman media sosial juga memiliki ciri-ciri fisik seperti di atas.  Tak heran kalau banyak warga dunia maya yang menyukai sang ibu guru yang berstatus sebagai pengajar honorer di SDN 2 Karangmangu, Tegal, Jawa Tengah ini.

Kecantikan seorang Rizma yang ia perlihatkan melalui laman Instagram miliknya telah ‘membius’ banyak orang. Dalam waktu singkat follower Instagrammnya melonjak tajam. Sampai tulisan ini dibuat sudah lebih dari 72.800 followers di laman instagram milik sang ibu guru. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan makin banyaknya orang yang mengetahui sosok ibu guru yang berhati mulia ini. Dengan jumlah followers sebanyak itu ia sudah berhasil menarik perhatian sejumlah pihak untuk menjadikannya endorser produk. Kalau sudah begini, apa bedanya Rizma dengan selebriti ibukota lainnya yang biasa mengiklankan produk-produk kebutuhan dan jasa di laman media sosialnya.

Rizma Uldiandari berangkat ke sekolah dari desanya dengan naik sepeda  bersama sang ayah; Ahmad Nurhadi. (Bintang.com/Adrian Putra)

Rizma yang dulu hanya seorang guru biasa kini menjelma menjadi selebriti baru. Memang fenomena seperti ini bukan kali ini terjadi. Sebelumnya ada tukang jamu cantik, pedagang getuk ayu. Penjual pecel lele tampan dan sebagainya. Semuanya menyedot perhatian karena kecantikanya atau ketampanannya. Tetapi eksistensi mereka selanjutnya akan ditentukan oleh seleksi alam. Masyarakatlah yang akan menjadi hakimnya. Saat masyarakat masih suka, ia akan  tetap bertahan. Dan sebaliknya kalau masyarakat sudah tak menyukai.

Sejak pertama muncul, Rizma memang sudah menjadi sosok yang menarik. Menarik karena ada orang secantik Rizma yang mau menjadi guru, guru honorer pula di sebuah desa kecil di Tegal, Jawa Tengah.

Cantik dari Hati

Rizma Uldiandari sempat menjadi perdebatan muncul beberapa foto Rizma yang sedang mengajar, yang kadar kecantikannya sedikit berbeda dengan foto-foto yang diunggah sebelumnya. Karena itu di berbagai media online muncul judul berita yang bernada komparasi antara foto Rizma sebelumnya dengan foto Rizma yang terbaru (saat sedang mengajar). Sebagian pihak menuding foto awal yang diunggah Rizma adalah hasil rekayasa foto.

Meski foto Rizma yang diunggah belakangan tak secantik foto-foto saat pertama kala ia hadir di dunia maya, namun kecintaan publik ternyata tak banyak berubah. Memang ada yang sempat kecewa namun lebih banyak yang tetap mencintai sang guru.

Karena itu antusias publik pad Rizma masih tinggi, Bintang.com pun tertarik untuk menyambangi Rizma di kampung halamannya. Setelah disambangi kampung halamannya dan di mana ia berdiam dan mengajar, ternyata terbukti. Seorang Rizma memang cantik. Rizma ternyata tak hanya cantik secara lahiriah.

Inilah kesibukan harian yang dilakukan Rizma, megajar demi mencerdaskan kehidupan bangsa. (Adrian Putra/Bintang.com)

Kepribadian dan sikapnya juga cantik. Ini yang membuat banyak orang makin cinta dengan Rizma. Ia tidak hanya memiliki kecantikan lahiriah, namun juga memiliki kecantikan dari hati. Inilah yang oleh sebagian orang disebut sebagai inner beauty.

Perhatikan saja, ia lebih memilih menjadi seorang guru honorer meski gaji yang ia terima tak banyak. Ia yang semula sempat menempuh pendidikan perawat karena saran sang bunda, akhirnya putar haluan. Adalah Ahmad Nurhadi, sang ayah yang menyarankan dia untuk menjadi tenaga pendidik. Rizma tetap rela digaji seadanya demi mencerdaskan bangsa. Sebuah prinsip yang patut diapresiasi di tengah kehidupan hedonis sekarang ini.

Melihat potensinya, punya kecantikan ragawi dan kini popularitas pun sudah diraihnya, ia sejatinya punya peluang kalau ingin merambah ke dunia entertainmen sebagai bintang sinetron, bintang film, bintang iklan dan sebagainya. Namun dengan tegas Rizma menolak tawaran untuk berkiprah di dunia entertainmen. Lagi-lagi karena kecintaanya dengan dunia pendidikan. "Enggak mau. Saya sudah senang jadi guru," aku Rizma kepada Bintang.com, di kediamannya, Desa Pecabean, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (12/8/2016).

 Rizma amat menikmati profesinya sebagai seorang guru. (Bintang.com/Adrian Putra)

Saat mengunggah foto-foto di laman instagram, Rizma juga menuliskan kata-kaya indah seperti penyair.  Tak jarang kalimat yang ia tuliskan itu berupa ajakan atau seruan yang bisa menginspirasi para followers nya. “Ada saatnya dalam hidupmu, Engkau ingin sendiri saja bersama angin menceritakan seluruh rahasia lalu meneteskan air Mata,” begitu salah satu limat yang di unggah Rizma untuk melengkapi sebuah foto dirinya di atas sebuah perahu yang mengapung di Waduk Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Tak heran kalau banyak hal yang membuat Rizma Uldiandari makin dicinta penggemarnya. Sudah cantik secara lahiriah dan cantik pula hatinya. Perpanduan cantik lahir dengan cantik dari hati yang ada pada diri Rizma sudah menginspirasi banyak orang. Semoga ia tetap konsisten dengan apa yang sudah ia kemukakan dan ia lakukan.

 

 

Edy Suherli,

 

 

Wakil Redaktur Pelaksana

Bintang.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading