Sukses

Lifestyle

2 Hal Ini Bikin Cerita Mukidi Digemari Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti tahu yang namanya Mukidi. Ya, cerita singkat yang sanggup membuat banyak orang ngikik bahkan terbahak-bahak. Tokoh Mukidi yang selama ini tak pernah terlihat membuat orang penasaran. Siapa sebenarnya Mukidi. Apakah tokoh fiktif, atau benar ada. Kalau ada, seperti apa wajahnya? 

Liputan6 ternyata berhasil menemukan sosok di balik kisah kocak ini. Adalah Soetantyo Moechlas, warga Banyumas, Jawa Tengah yang kini berdomisili di Jl. Pembangunan I no 1 Jatibening I Bekasi 17412, yang menulis semua kisah Mukidi. Kepada media tersebut, dia mengatakan sosok Mukidi itu hanya fiktif belaka. 

Namun, apa yang membuat kisah ini menjadi viral dan bahkan sampai dibuat menjadi meme? Praktisi Online Indonesia Enda Nasution mengungkapkan analisanya terhadap fenomena Mukidi ini. Dia mengatakan kepada Liputan6, ada dua faktor yang membuat kisah ini menjadi viral. 

Pertama, konten yang dibuat Soetantyo ternyata bagus dan menarik. Mungkin, bagi sebagian orang, kisah Mukisi garing dan tak sama sekali membuatnya tersenyum. Tapi, bagi orang lain, kelakuan Mukidi dalam kisah-kisahnya itu sangat menggelitik. Lagi pula, tak jarang kisah ini bertemakan keseharian yang sebenarnya sering orang alami. 

Meme Mukidi

"Mungkin menurut seseorang, konten tersebut 'garing' tetapi bisa jadi orang lain menganggapnya lucu. Jadi tergantung persepsi orang yang membacanya," ujar Enda. Kedua, kisah ini disebar luaskan menggunakan media sosial seperti BBM, WhatsAap, Telegram, LINE dan lain sebagainya. 

Media sosial inilah yang menjadi alat kisah Mukidi menjadi dikenal banyak orang. Selain gratis, penyebaran kisah ini juga sangat mudah. "Nah, kalau medium digital itu kan sifatnya tidak mengeluarkan uang, tidak merugikan bagi penyebarnya. Misalnya, seseorang mendapat cerita Mukidi melalui WhatsApp, mereka hanya tinggal menyalin dan mengirimkannya kepada orang lain. Mudah dan tak membutuhkan uang," tandasnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading