Sukses

Lifestyle

Tak Disangka, 10 Pesepak Bola Eropa Ini Berdarah Indonesia!

Fimela.com, Jakarta Prestasi sepak bola Indonesia bisa dibilang jauh tertinggal dengan sepak bola Eropa. Seperti yang kita ketahui, dunia persepakbolaan di benua Eropa telah menduduki peringkat dunia. Pada zaman penjajahan, Eropa sendiri pernah menjadikan Indonesia sebagai negara jajahan mereka.

Rupanya, penjajahan tersebut nggak cuma meninggalkan kesengsaraan bagi warga Indonesia, tetapi juga meninggalkan jejak keturunan yang lestari hingga saat ini. Menyambung ke paragraf awal, keturunan-keturunan tersebut kini ada yang menjadi pesepak bola di Eropa, lho! Yap! Tak banyak yang mengetahui jika di balik wajah 'bule' ternyata mereka memiliki darah Indonesia. Siapa saja? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Emil Audero Mulyadi. Kiper squad Primavera ini memiliki garis Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Lombok, sedangkan ibunya ialah warga negara Italia. Emil sendiri telah menghabiskan waktu selama delapan tahun dengan Serie A sejak bergabung pada usia remaja.

Robin van Persie. Siapa sangka jika striker timnas Belanda ini ternyata memiliki nenek yang berasal dari Surabaya Yap! Pemain yang pernah menjadi bintang di Arsenal dan Manchester United ini memiliki darah Indonesia. Kira-kira sang nenek seorang Bonek bukan, ya? Hihi.

 

Foto kiriman Mit (@mitshah021) pada

Nigel de Jong. Bagi pecinta klub sepak bola AC Milan dan Manchester City pasti sudah nggak asing dengan nama Nigel de Jong. Yap, pria kelahiran Amsterdam, Belanda ini merupakan anak dari dari ibu yang berasal dari Maluku, Indonesia dan ayah Suriname. 

Roy Makaay. Tampaknya tak ada yang bisa melupakan gol 10 detik di Liga Champions pada 2007 dari Rudolphus "Roy" Antonius Makaay saat Bayern Munich menghadapi Real Madrid. Pria kelahiran 1975 ini memiliki ibu yang berasal dari Maluku.

 

Foto kiriman Nigel De Jong Fans (@nigeldejong_fans) pada

John Heitinga. Seperti 3 nama sebelumnya, mantan pemain Ajax, Atletico Madrid dan Everton ini merupakan putra Eropa yang memiliki darah Indonesia. Heitinga memiliki ayah orang Indonesia yang kemudian berpindah ke Belanda.

 

Foto kiriman John Heitinga 🇧🇷 (@johnheitinga_br) pada

Sonny Silooy. Mungkin kamu agak asing dengan nama Sony Silooy, tapi di era 1981-2002, pemain berdarah Maluku, Indonesia ini pernah menjadi bek handal bagi klub-klub Belanda. Tiga piala Eredivisie dan tiga trofi KNVB pernah ia raih saat masih bergabung di Ajax Amsterdam.

 

Foto kiriman AJAX_NR1 (@ajax_nr1) pada

Mark van Bommel. Bommel pernah membela AC Milan, Bayern Munich dan Barcelona. Pria kelahiran 22 April 1977 ini disebut-sebut memiliki garis keturunan Maluku yang datang dari sang ibu.

Demy de Zeeuw. Setelah diangkut oleh Ajax Amsterdam dari Eredivisie, nama Demy de Zeeuw semakin melambung. Pria yang kini bermain untuk NAC Breda ini ternaya lahir dari seorang ibu berdarah Maluku, Indonesia.

 

Foto kiriman Fashion4Soccer (@fashion4soccer) pada

Michael Mols. Pria kelahiran Amsterdam yang telah pensiun dari klub terakhirna Feyenoord Rootterdam ini merupakan salah satu dari sekian banyak pemain bola dunia yang memiliki darah Indonesia. Tak diketahui jelas di Indonesia bagian mana, tapi kabar ini menambah daftar panjang pemain bola Eropa yang berdarah Indonesia.

 

Foto kiriman Fellows United (@fellowsunited) pada

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading