Sukses

Lifestyle

Buat yang Alergi Susu Sapi, Ini 5 Pilihan Penggantinya

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang dapat meminum susu sapi, ya, beberapa orang memang ada yang alergi terhadap protein yang ada di dalam susu sapi. Bahkan penelitian dibeberapa negara menjelaskan sekitar 1-7 persen bayi menderita alergi terhadap susu sapi. Biasanya gejala alergi susu sapi dapat terlihat di usia enam bulan pertama setelah lahir.

Penyebabnya adalah karena sistem imun si anak menganggap bahwa protein yang terdapat di dalam susu sapi sebagai zat yang berbahaya atau sesuatu yang asing dan tidak dikenal. Untuk kamu yang tidak dapat meminum susu sapi, maka ada beberapa alternatif susu yang dapat diminum seperti dilansir dari Good Housekeeping berikut ini.

1. Susu Kedelai. Selain untuk membuat tempe, kedelai juga bisa dibuat susu, bahkan kandungan protein dalam susu kedelai sama seperti yang ada pada susu sapi. Selain itu, susu kedelai juga mengandung phytoestrogen yang bisa berguna untuk penyerapan kalsium.

Susu Kedelai. (Foto: soymilkexpert.com

Namun jumlah asupan susu kedelai memang harus dibatasi, pasalnya beberapa penelitian menyebutkan bahwa fermentasi kedelai dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon seks untuk pria dan wanita.

Susu Almond. (Foto: amazonaws.com)

2. Susu Almond. Susu yang satu ini memang memiliki kandungan protein yang sedikit, tapi susu almond memiliki nutrisi yang hampir sama dengan susu sapi. Namun yang harus diwaspadai adalah terkadang produk susu kedelai menggunakan gula yang cukup banyak.

Susu Beras. (Foto: chefxchange.com)

3. Susu Beras. Mengandung banyak vitamin B dan magnesium susu yang satu ini sangat bagus diminum oleh kamu yang alergi dengan susu sapi. Tapi, untuk kamu yang terkena diabetes sebaiknya hindari mengkonsumsi susu beras, lebih baik pilih saja susu kedelai atau susu almond yang bebas gula.

Susu Kelapa. (Foto: franklyglutenfree.files.wordpress.com)

4. Susu Kelapa. Beberapa ahli mengungkapkan jika susu kelapa atau santan banyak memiliki kandungan lemak sehat, serat, zat besi, dan vitamin. Susu atau santan memang lebih sering digunakan untuk bahan membuat makanan, tapi tahukah kamu jika santan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan metobolisme dan kemampuan pembakaran lemak.

Susu Kacang Mete. (Foto: netdna-cdn.com)

5. Susu Kacang Mete. Untuk mereka yang alergi dengan susu sapi, maka nggak ada salahnya untuk meminum susu kacang mete yang memiliki tekstur hampir sama dengan susu sapi. Susu mete yang rendah kalori dan lemak juga diperkaya dengan vitamin D, B12, A, dan kalsium.

What's On Fimela
Loading