Sukses

Lifestyle

Anggota DPR Beri 'Pekerjaan Rumah' untuk TNI

Fimela.com, Jakarta Rayakan hari ulang tahun ke-71, TNI dapat 'pekerjaan rumah' dari Anggota Komisi I DPR, Chales Hononis, yakni mengevaluasi internal institusi. Sebagaimana diwartakan Antara, pengkajian itu dilakukan karena masih sering terjadi kekerasan terhadap warga sipil yang dilakukan oknum prajurit TNI.

"Komisi I DPR akan menanyakan program evaluasi ke depan seperti apa sehingga aksi kekerasan kepada warga sipil tidak perlu terjadi lagi," kata Charles di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (5/10). Ia juga menegaskan, TNI harus mengayomi rakyat dan berperan sebagai alat ketahanan negara.

Gelar pasukan dan defile kendaraan alutsista memeriahkan HUT ke-71 TNI di Purwakarta, Jabar. (Liputan6.com/Abramena)

"Bagaimana TNI harus menjadi pengayom rakyat, sebagai alat ketahanan negara yang dilantik dan dididik untuk perang bukan memukuli warga negara sendiri," sambung politikus dari Partai PDI Perjuangan tersebut, sebagaimana diwartakan Antara.

Charles memaparkan, kekerasan terhadap masyarakat sipil sudah berulang kali terjadi, di antaranya pemukulan terhadap jurnalis saat melaksanakan kerja jurnalistik dan warga yang bersengketa. Di samping itu, menurut Chales, terdapat kerjasama antar TNI dengan BUMN, kementerian dan swasta sebagai penjaga.

"Kita sudah meningkatkan anggaran pertahanan tiap tahunnya sehingga TNI harus fokus menjadi alat pertahanan negara sehingga tentara kita profesional dilatih untuk perang bukan hal lain di luar tupoksinya," ujar Charles.

Ada sembilan titik panas di seluruh Riau yang terpantau pada HUT TNI ke-71. (Liputan6.com/M Syukur)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading