Sukses

Lifestyle

Buang Air Besar Tak Lancar? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Buncit pada perut bagian bawah ternyata bisa juga pertanda kalau buang air besar tidak lancar Akibatnya, bukan hanya perutmu yang buncit, tapi juga poop yang keras dan kadang sampai berdarah. Buang air besar tidak lancar juga ternyata bisa menimbulkan penyakit lainnya, seperti gangguan pencernaan, gangguan pada usus besar, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, kamu mungkin harus cari tahu dulu apa penyebabnya sehingga kamu tak bisa buang air besar dengan rutin setiap pagi. Dilansir dari Women's Health, ada beberapa alasan kenapa hal ini bisa terjadi pada dirimu.

1. Kurang minum air putih juga bisa menjadi penyebab dasar buang air besar tak lancar.

 

A photo posted by Anna (@slidefox) on

2. Kamu kerap menahannya, meski tubuh dan otak sudah memberikan pertanda. Kadang, karena malas atau buru-buru berangkat kerja, kamu suka menahan buang air besar di pagi hari. Pup yang masih berada pada usus besar akhirnya menginap satu malam. Semakin lama dia berada di dalam usus besar, semakin banyak cairan yang terkandung dalam pup itu diserap. Hasilnya, pupmu menjadi keras dan jadwal buang air besar menjadi terganggu..

3. Minum minuman yang beralkohol, bersoda, dan juga berpengawet (termasuk mengandung pewarna) juga bisa mengakibatkan buang air besar tidak lancar. Hal ini karena bakteri jahat sangat suka dengan gula. Sehingga, ketika kamu meminum minuman yang mengandung banyak gula, akan membuat proses menjadi lebih lambat.

 

A photo posted by Vina Sa Karakterom (@temetwine) on

4. Kalau ingin buang air besar lancar, kamu juga harus memerhatikan kebiasaanmu sehari-hari. Tubuhmu itu sangat pintar. Apa pun rutinitas yang kamu lakukan, otak dan tubuh akan otomatis men-setnya. Karena itu, cobalah untuk membiasakan diri buang air besar pada pagi hari saat kamu baru bangun tidur.

 

A photo posted by Jakub Łabarewicz (@jacoberek) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading