Sukses

Lifestyle

Awas Jangan Dikucek! Mungkin Ini 4 Alasan Mata Gatal

Fimela.com, Jakarta Debu yang berterbangan dan juga asap yang ada di jalanan kerap kali membuat matamu berair dan jadi gatal. Tak berapa lama, bola mata bagian putih memerah. Tak kuasa menahan rasa gatal dan perih, kamu lantas tergoda untuk menguceknya dengan tangan. Tapi persoalannya, mata perih dan berair, hingga menjadi merah bukan cuma karena debu di jalanan. 

Ada beberapa penyebab yang membuat matamu menjadi seperti ini. Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah jangan mengucek dan menyentuhnya dengan tangan yang kotor. Kemudian, coba lihat gejala dan penyebabnya. 

1. Kemungkinan yang pertama, mungkin matamu gatal karena alergi. Dilansir dari Fox News, biasanya mata gatal disebabkan karena alergi pada mata. Seperti alergi pada debu, musim tertentu, makanan, dan lainnya. 

Mata Sering Berair, Normalkah?. Source: Firmoo

2. Mata perih bisa saja bukan karena kelilipan. Tapi juga bisa karena mata terlalu kering. Artinya, matamu tidak punya cairan yang cukup sehingga membuat mata kadang perih. Biasanya, hal ini sering terjadi pada orang-orang yang sudah berusia lanjut. 

Mata kamu bengkak karena kurang tidur atau kebanyakan lihat layar komputer saat kerja? Atasi dengan beberapa tips berikut ini.

3. Matamu juga bisa merah dan gatal karena kemasukan produk yang bahaya bagi mata. Seperti shampoo, conditioner, parfum, sabun, dan lainnya. Jika matamu terkena bahan kimia di atas, tak perlu panik. Tinggal basuh dengan air yang mengalir. Namun, kalau matamu terkena bahan kimia lainnya, segera ke dokter. 

Kantong Teh Bekas Juga Bisa Digunakan untuk Meredakan Mata Merah | via: blog.yasabe.com

4. Kamu juga perlu ke dokter kalau matamu merah, berair, dan terasa sangat gatal atau perih. Terlebih, keluar cairan agak putih atau seperti kotoran mata namun dalam jumlah yang banyak. Dilansir dari media yang sama, biasanya hal ini terjadi karena virus. Karena itu, jangan dipegang, bahkan kamu juga bisa menularkan virus ini ke orang lain. Kalau sudah begini, segeralah ke dokter untuk ditangani. 

Eyeliner berjarak kayak lagi musuhan sama bulu mata | via: divinecaroline.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading