Sukses

Lifestyle

BMKG: Potensi Hujan Masih Terus Meningkat

Fimela.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan masih terus meningkat dalam seminggu ke depan, khususnya di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

“Meningkatnya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang di Bandung dan Aceh, tanah longsor di Garut, serta angin kencang di Kalimantan Selatan dalam beberapa hari terakhir dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi, BMKG Yunus S Swarinoto, seperti dilansir dari Antara, Minggu (13/11/2016).

Yunus menjelaskan bila bencana hidrometeorologi dapat dipicu oleh beragam fenomena, dari daerah pertemuan angin hingga dipicu oleh skala atmosfer skala lokal maupun skala yang lebih luas. Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan periode saat ini hingga akhir November nanti, memicu peningkatan intensitas Thunderstorm yang memungkinkan terjadi petir dan angin kencang.

BMKG: Potensi Hujan Masih Terus Meningkat. (Ilustrasi Hujan/wrightouttanowhere.files.wordpress.com)

Dalam beberapa pekan ke depan hingga periode awal 2017 sebagian wilayah Indonesia akan memasuki puncak musim hujan. "Masyarakat diimbau berhati-hati ketika beraktifitas di luar rumah pada sore hari. Selain itu khusus untuk daerah perkotaan dan dataran tinggi agar mengantisipasi hujan lebat dengan durasi singkat yang dapat menyebabkan genangan bahkan banjir bandang," pungkas Yunus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading