Sukses

Lifestyle

Lama Pacaran yang Ideal Sebelum Menikah Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Lama tidaknya menjalin hubungan tak bisa jadi jaminan pasangan tersebut akan berlanjut pada jenjang pernikahan. Ada yang baru beberapa bulan bertemu kemudian langsung memutuskan untuk menikah, ada pula yang sudah menjalin hubungan bertahun-tahun namun tak kunjung memiliki kemantapan hati terhadap satu sama lain.

Memang ada banyak faktor yang bisa jadi pendukung berlanjutnya hubungan pasangan ke jenjang pernikahan, di antaranya kesiapan mental, finansial, juga keyakinan terhadap pasangan yang tak ditentukan oleh lamanya menjalin hubungan itu. Nah, kalau kamu penasaran berapa lama waktu ideal untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, penjelasan berikut mungkin bisa jadi jawabannya.

Bukan asal menebak, ada penelitian yang menunjukkan berapa lama pacaran yang ideal sebelum menikah. (Foto: unsplash.com)

Penelitian terbaru mengenai hal terkait dilakukan tahun 2008 lalu, dengan 633 wanita yang telah menikah sebagai respondennya. Hasil survei menunjukkan mereka yang berpacaran sekitar 3,5 tahun lebih bahagia dengan pernikahannya.

Penulis penelitian itu, Shaune Springer mengaitkan kebahagiaan itu dengan fase bulan madu dalam hubungan yang hanya bertahan selama dua tahun. Menurut Shaune, berkencan lebih dari dua tahun akan lebih baik karena pasangan sudah terbiasa bersama dalam keseharian, termasuk menghadapi konflik yang ada.

Hampir serupa dengan itu, Dissertation Abstracts Internationan dengan 900 respondennya menyebutkan, mereka yang menikah setelah tiga tahun pacaran akan memiliki hubungan yang lebih memuaskan. Berapa usia hubunganmu dan pasanganmu saat ini? Sudahkah kalian siap untuk menikah? :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading