Sukses

Lifestyle

Usai Gempa Malang, Pagi Ini Giliran Wilayah Jogja Ikut Goyang

Fimela.com, Jakarta Malang, salah satu kota di Jawa Timur diguncang gempa pada Rabu (16/11) lalu. Menurut informasi dari BMKG, pusat gempa berada di lokasi 9.32 LS, 113.12 BT (127 km Tenggara Kabupaten Malang Jawa Timur) dengan kedalaman 69 km. Adapun kekuatan gempa Malang sebesar 6,2 SR (skala richter).

Menurut informasi dari para netizen di media sosial, getaran gempa Malang sendiri terjadi hingga ke Yogyakarta dan Bali. BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika) sendiri memperkirakan gempa terjadi akibat aktivitas subduksi antara lempeng Indo-Australia yang menunjam lempeng Eurasia.

Mereda soal gempa Malang, pagi ini, Jumat (18/11), giliran Gunung Kidul, Yogyakarta yang diguncang gempa. Menurut info dari BMKG di Twitter, berkekuatan 5,3 SR, gempa Jogja tersebut berlokasi di 93 km BaratDaya Gunungkidul, DI Yogyakarta dengan kedalaman 10 km, sekitar pukul 09.19 WIB.

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Serupa dengan gempa Malang, getaran pun menjalar hingga daerah sekitarnya. Akun Instagram @jogja yang me-repost kicauan BMKG di Twitter pun mengundang netizen untuk berkomentar. Bahkan, dari komentar-komentar tersebut, diketahui bahwa gempa terasa hingga Madiun. "Berasa sampai Madiun," kata @huthuthudha.

Bukan pada pagi ini saja Jogja dilanda gempa, menurut salah satu media massa lokal, sepekan ini Jogja telah diguncang gempa kecil beberapa kali. Hingga berita ini diturunkan, tak ada laporan korban jiwa akibat gempa pagi tadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi

Loading