Sukses

Lifestyle

Berkat Beasiswa, Amelia Rachim Jadi Desainer Perhiasan Ternama

Fimela.com, Jakarta Saat ini sudah banyak putra-putri Indonesia yang meraih sukses di luar negeri. Salah satunya adalah Amelia Rachim yang berkecimpung sebagai desainer perhiasan independen yang reputasinya sudah mendunia. Melalui karya-karyanya, Amelia meraih sukses di mancanegara. Karyanya tak hanya digunakan selebriti tanah air tapi sudah merambah sampai ke Hollywood.

Wanita kelahiran 1985 ini tentunya harus melalui sejumlah proses untuk bisa meraih sukses seperti sekarang ini. Ia termasuk salah satu peserta Djarum Beasiswa Plus periode 2006-2017. Saat itu, Amelia masih duduk dibangku perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan desain industri. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, Amelia berhasil menjadi salah seorang penerima beasiswa dari Djarum Foundation.

Dari kegiatan itu pula, semangat menjadi perancang perhiasan yang diperhitangan terus mewarnai pikiriannya. Dengan bekal ketekunan dan rancangannya yang mengusung konsep lokal. Amelia pun membuat mata banyak orang terkagum-kagum. Ia pun mendapat beasiswa kembali, kali ini di Politecnico di Torino dan meraih gelar master degrre in jewellery engineering.

”Dari situ semuanya berubah. Saya semakin mantap berkarir sebagai desainer perhiasan dan kemudian tinggal di Italia untuk memulai karir,”tutur Amelia Rachim. Hasilnya, sejumlah karya Amelia sebagai designer berlian menjadi pembahasan jurnalis asing.

Kristin Chenoweth memakai cincin rancangan Amelia Rachim di Oprah TV Show. foto: liputan6.comApalagi setelah karyanya, cincin Zamrud Khatulistiwa, yang menjadi karya terbaiknya sampai saat ini berhasil menarik perhatian dunia. Cincin tersebut digunakan artis Hollywood, Kristin Chenoweth (pemain serial Glee) saat tampil di acara Oprah TV Show, beberapa tahun lalu.

Selain itu, penyanyi Indonesia Anggun. C Sasmi juga menggunakan karyanya saat tampil di Concerto di Natale atau Christmas Concert di Italia. Lalu atas idenya menjadikan beberapa kota di Indonesia sebagai konsep desain, pada September 2011, Amelia berhasil menjadi pemenang termuda dalam sebuah kompetisi desain.

 

Going back to #studio again. God speed! #jewelrydesign #studiolife #jewelrystudio #ameliarachim

Foto kiriman Amelia Rachim (@ameliarachimjewellery) pada

Kompetisi bertajuk ‘Design Time’ itu diselenggarakan oleh sebuah ikon merek jam dan perhiasan ternama di Italia. Amelia berhasil menyisihkan sebanyak 3.037 desainer yang berasal dari 96 negara. Sejak itu, namanya kian berkibar di industri perhiasan dunia.

Wanita yang menikah dengan pria Italia itu akan meluncurkan karya terbarunya yang bertajuk Bromo pada 2017 mendatang. Meski sudah menetap di Italia, Amelia Rachim masih sering pulang ke Indonesia, karena tetap menjadi sumber ide-idenya dalam mendesain perhiasan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading