Sukses

Lifestyle

Kisah Bayi Tabung Pertama yang Lahir ke Dunia

Fimela.com, Jakarta 25 Juli, 38 tahun silam, Louise Joy Brown lahir sebagai bayi tabung pertama di dunia. Bayi yang dibuahi di luar tubuh sang ibu itu lahir di Oldham General Hospital, Britania, dengan sehat sesaat sebelum tengah malam melalui operasi sesar. Sebagaimana diwartakan nydailynews.com, kehadiran Louise tak semata mengirimkan gelombang kegembiraan bagi kedua orangtuanya, Lesley Brown (30) dan John Brown (38), namun juga harapan bagi jutaan orang.

Sebagai bukti konkrit dari eksperimen yang berhasil, seperti dimuat BBC, kelahiran Louise memberi angin segar pada setidaknya 15.000 kelahiran setelahnya.“Bayi itu lahir dengan tangisan yang biasa terdengar dan bernapas dengan sangat baik," ucap Patrick Steptoe, peneliti yang saat Louise lahir telah bekerja di laboratorium kehamilan selama 12 tahun.

Louise Joy Brown, bayi tabung pertama di dunia. (AP)

"Kejadian itu sangat indah, bayi normal," sambungnya kepada Telegraph. Sementara itu, pihak rumah sakit mendeskripsikan John, ayah Louise, sebagai lelaki yang menangis haru sejadi-jadinya. Kejadian itu tentu saja karena ia tahu akan segera menjadi ayah dari seorang putri.

Mereka yang kala itu bertugas, berdasarkan laporan BBC, mengatakan John lari menyusuri lorong rumah sakit sambil memeluk orang-orang dan berteriak, "aku mendapatkan seorang putri! aku mendapatkan bayi perempuan!". Sedangkan sang istri yang duduk di tempat tidur mengaku kagum dan terharu.

Louise Joy Brown bersama kedua orangtuanya. (AP)

"Ia sangat kecil, sangat cantik, sangat sempurna," ucapnya. Kegembiraan akan kelahiran bayi tabung pertama itu pun dirasa sangat ajaib oleh sang ayah. "Itu seperti mimpi. Aku hampir tak mempercayainya. Sebelum akhirnya aku menyadari, aku menggendong anak kami," tuturnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading