Sukses

Lifestyle

Berapa Jumlah Pengguna Internet di Seluruh Dunia?

Fimela.com, Jakarta Rasanya hampir semua orang pernah menggunakan internet. Tapi berapa jumlah pengguna internet di seluruh dunia? Ternyata sangat banyak. Hampir setengah dari populasi dunia akan menggunakan internet pada akhir tahun 2016. Jumlah penduduk dunia saat ini sekitar 7,4 miliar jiwa.

Namun seperti dilansir dari antaranews, hal tersebut masih lebih banyak dinikmati negara maju. Data itu diperoleh dari sebuah lembaga PBB bernama UN International Telecommunications Union (ITU). Di negara-negara maju di dunia, sekitar 80 persen dari populasinya sudah menggunakan internet.

Menurut riset UCWeb, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi data hingga 500 MB (Ilustrasi)

Sayangnya, di negara-negara berkembang seperti Indonesia angkanya masih sekitar 40 persen. Bahkan kurang dari 15 persen pada negara-negara kurang berkembang. Sementara di beberapa negara miskin seperti Afrika, hanya satu dari 10 orang yang menggunakan internet.  Mereka yang belum terkoneksi internet adalah perempuan, orang tua, kurang pendidikan, miskin dan tinggal di daerah pedesaan. 

Secara global, 47 persen dari populasi dunia sudah bisa online, namun angka tersebut masih jauh dari target yang diinginkan PBB yaitu 60 persen pada 2020 mendatang. Saat ini, 3,9 miliar orang atau lebih dari setengah populasi dunia belum terkoneksi dengan internet. Sedangkan ITU mentargetkan 3,5 miliar orang memiliki akses online pada akhir tahun ini.

Ilustrasi internet.

Perusahaan telekomunikasi dan internet yang memperluas penggunaan ponsel pintar mendorong konsumen terakses internet, sekaligus menyebabkan permintaan layanan data tumbuh semakin berat. Tingkat penetrasi internet di negara berkembang saat ini sudah mencapai tingkat yang dinikmati oleh negara-negara maju pada 1998.

Data tersebut menunjukkan kalau negara berkembang tertinggal hampir 20 tahun di belakang negara-negara maju. Hal ini membuat biaya layanan dan perluasan infrastruktur untuk pelanggan internet di pedesaan dan daerah terpencil masih tinggi.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading