Sukses

Lifestyle

Kisah Pilu Sulami, 'Manusia Kayu' dari Jawa Tengah

Fimela.com, Jakarta Sebuah video dengan judul “Manusia Kayu Sragen, yang Sudah Merasa Kaya Silahkan Sumbang dan Datang Sendiri”, viral di situs berbagi video, youTube. Video yang diunggah BMI Channel enam hari lalu itu, menampilkan dua wanita berjilbab yang gerakannya seperti robot. Mereka disebut “manusia kayu” karena hampir seluruh badannya berubah jadi kaku layaknya kayu.

Dilansir dari laman Solopos online, diketahui wanita itu bernama Sulami (35) dan saudari kembarnya, Paniyem . Namun Paniyem, sudah lebih dahulu dipanggil Yang Maha Kuasa tiga tahun lalu.

Sulami mengatakan sudah kaku sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, sekitar 20 tahun lalu. Awalnya, tangan kanannya yang kaku kemudian menyusul anggota badan yang lain. Sempat ke Rumah Sakit, namun tidak ada hasil. 

Sulami tinggal bersama ibu dan neneknya di rumah yang dibangun melalui program TMMD sekitar 10 tahun silam di Dusun Selorejo, RT 31, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen. Untuk bangun dari tidur, dia harus dibantu neneknya, Suginem (90).

Meski memiliki tubuh kaku, jari-jemari Sulami masih bisa digerakan. Sulami yang lebih sering menghabiskan waktu di tempat tidur menghilangkan jenuh dengan berkreasi menciptakan beragam kerajinan dari bahan manik-manik atau mote, flanel, puring, dan lain sebagainya. Sulami, "manusia kayu"  dari Sragen , Jawa Tengah ini juga lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca Al Quran dan berdzikir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading