Sukses

Lifestyle

Pengalaman Menarik Jelajah Sungai Bawah Tanah, Mau?

Fimela.com, Jakarta Jauh berada di bawah tanah Kepulauan Palawan di Filipina 'berbaring' Puerto Princesa River. Situs Warisan Budaya UNESCO tersebut merupakan sungai bawah tanah yang siap menggoreskan sensasi lain ketika kamu singgah di salah satu destinasi paling populer di Filipina.

Mengalir di bawah Pegunungan St Paul, sungai ini mengaliri sejumlah 'ruang' besar dan gua yang terbentuk secara alami jutaan tahun silam. Sebagaimana dimuat roughguides.com, sungai ini sendiri memiliki aliran di bawah gunung sejauh 8,2 kilometer, di mana merupakan sungai bawah tanah terpanjang di dunia.

 Puerto Princesa Underground River, Palawan, Filipina. (insta_emily90/Instagram)

Bayangkan saja, kamu menaiki perahu kecil dengan deru mesin sebagai latar suara, melintasi ruang demi ruang, di mana setiapnya memiliki paras dan bentangan panorama berbeda, bermandikan semata cahaya dari lampu yang dibawa sang empunya sampan. Remang di sini seakan membuat bingkai pemandangan kian dramatis nan misterius.

Terdapat dua pilihan perjalanan, yakni yang sepanjang 4 kilometer dan dengan izin khusus kamu bisa mengambil yang 8,2 kilometer. Semakin jauh masuk ke dalam gua, ruang akan makin sempit. Sehingga pada satu titik, kamu harus turun dari sampan dan berenang di antara dinding batu.

Puerto Princesa River, Palawan, Filipina. (undergroundriver.puertoprincesa.ph)

Puerto Princesa River dikatakan akan membuatmu menikmati perjalanan perahu selama kurang lebih dua puluh menit dengan pemandangan ajaib. Bukan sekedar penorama, kamu pun bisa berjumpa dengan satwa liar yang berada, baik di luar gua maupun yang di dalam gua. Tertarik jelajah Filipina dengan cara berbeda?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading