Sukses

Lifestyle

Kurangi Rasa Gatal Akibat Psoriasis dengan 3 Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Rasa gatal akibat psoriasis dapat berdampak negatif bagi yang mengalaminya, baik secara fisik dan emosional. Bahkan menurut National Psoriasis Foundation, lebih dari 60 persen pengidap psoriasis melaporkan bahwa penyakit ini mempengaruhi kehidupan sehari-harinya, seperti tidur, menggunakan tangannya untuk berbagai hal, dan berjalan.

Ditambah, orang-orang yang hidup dengan psoriasis harus melawan keinginannya untuk menggaruk kulitnya yang terasa sangat gatal. Walaupun begitu, bukan berarti kondisi ini bisa mengambil alih hidup kamu. Seperti yang dikutip dari Liputan6.com yang dilansir dari Medicaldaily, ada beberapa cara alami yang dapat membantu meringankan gejala psoriasis tersebut.

1. Pakai pelembab. Psoriasis menyebabkan kulit kamu kering dan menyebabkan rasa gatal serta terbakar. Jika digaruk, maka kondisi kulit akan jadi semakin buruk. Untuk mencegahnya, sangat penting untuk tetap menjaga kelembaban kulit dengan rutin memakai pelembab di seluruh tubuh.

Ilustrasi memakai pelembab. (via: istimewa)

2. Capsaicin. Capsaicin, zat yang membuat cabai rawit terasa panas dan pedas, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal dengan menghalangi sistem komunikasi saraf sensorik kamu. Ketika rasa gatal akibat psoriasis kambuh, coba kamu cari krim yang mengandung 0,023 hingga 0,075 persen capsaicin.

Ilustrasi capsaicin. (via: istimewa)

3. Gunakan cuka sari apel. Cuka sari apel umumnya digunakan untuk mengobati luka bakar ringan dan peradangan kulit, bahkan mereka juga bisa digunakan sebagai disinfektan. NPF juga menyatakan bahwa pasien dapat menggunakan celupan dari cuka sari apel untuk merawat kondisi kulitnya.

Jika kuku kamu juga terinfeksi, kamu bisa menuangkan sedikit cuka pada mangkuk dan rendam kuku kamu selama beberapa menit. Pasien juga bisa mencelupkan bola kapas ke dalam cuka sari apel dan menerapkannya pada kulitnya yang meradang.

Cuka sari apel | Via: sapujagat.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading