Sukses

Lifestyle

Punya Banyak Manfaat, Jangan Buang Biji Cabai

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang Indonesia menyukai cabai atau cabe, dan hampir selalu memakai cabai dalam makanan mereka. Karena itu ada berbagai macam sambal yang bisa kita nikmati. Rasanya makan belum lengkap kalau tidak ada cabai atau tidak ada rasa pedas.

Makanan pedas memang selalu menggoda bagi penyuka cabai. Meski harga cabai di Indonesia sedang naik, tetap saja banyak orang yang suka makan cabai. Selain bisa menambah kenikmatan hidangan, cabai juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan.

Cabai Hiyung, cabai terpedas Indonesia. foto: metro7.co.id

Untuk mempertahankan khasiat cabai dengan maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolahnya. Claudia Debtarsie Kliranayungie, ahli gizi RSCM Kencana, menyarankan supaya kita tidak membuang biji cabai dan serat agar zat capsaicin tidak berkurang.

Seperti dilansir dari antaranews, biji dan serat putih di dalam cabai kerap dibuang demi mengurangi rasa pedas. Padahal zat capsaicin yang juga terkandung di bagian tersebut bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar "kolesterol jahat" dan mencegah timbulnya sel kanker.

Ada Rahasia Panjang Umur di Balik Pedasnya Cabai

Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi cabai dalam bentuk segar, bukan yang dikeringkan atau berupa cabai bubuk. Jadi, tetap makan cabai dan jangan buang bijinya. Biarpun terasa lebih pedas, yang penting bisa bermanfaat buat kesehatan kita.

 

Loading