Sukses

Lifestyle

3 Kesalahan yang Membuatmu Sulit Kaya

Fimela.com, Jakarta Banyak manusia yang berlomba-lomba untuk menjadi orang kaya. Ada yang berhasil, ada juga yang tidak karena salah dalam mengelola keuangan. Dan masalah itu selalu dikeluhkan kepada Kevin O’ Realy, pengusaha dan penasehat financial dari Kanada.

Ia mengaku sering mendapat banyak pertanyaan tentang menjadi kaya, dan Kevin O’ Realy pun selalu member i jawaban yang sama, yaitu jangan menghabiskan terlalu banyak uang dan lebih banyak menabung dan berinvestasi.

Dilansir dari laman Entrepreneur.com, Kevin memberi cara mudah untuk menghitung dan mengubah cara mengelola keuangan. Cara pertama adalah dengan membuat catatan seluruh pemasukan keuangan selama 90 hari dengan titik terendah. Kemudian uang ini dikurangi dengan catatan semua pengeluaran yang dibutuhkan selama 90 hari. Setelah 90 hari akan ketahuan apakah kamu bisa menghasilkan uang lebih dari catatan atau malah menghabiskan uang lebih dari catatan yang ada.

Kevin kemudian membeberkan kesalahanyang tanpa disadari bisa membuat kamu menjadi sulit untuk kaya.

Berutang kartu kredit

Kevin menjelaskan, kebiasaan menghabiskan banyak uang adalah sebuah penyakit yang harus disembuhkan. Sedangkan berutang pada kartu kredit sama saja seperti kanker yang sewaktu waktu bisa mematikan. Ketika mendapatkan tagihan kartu kredit dan tidak membayar penuh tagihan tersebut, itu sama saja membiarkan sel kanker hidup dalam tubuh.

 3 Kesalahan yang Membuatmu Sulit Kaya  | foto : entrepreneur.com

Belanja Membuat Bahagia

Kevin menyarankan jangan pernah belanja karena mengikuti suasana hati. Banyak wanita dan pria yang merasa lebih baik ketika belanja dalam jangka pendek. Namun keuangan mereka akan bermasalah dalam jangka panjang.

Kerap tergoda dengan segala bujukan akhir di mini market? Simak tips belanja berikut ini. (Foto: Reuters/Stringer)

Berhemat suatu yang menyebalkan

Berhemat bukan berarti tidak bersenang senang. Kuncinya adalah tetap memasukkan anggaran untuk bersenang senang. Sisihkan persentase uang untuk bersenang-senang secara tunai. Selama uang yang disisihkan ini ada, tidak perlu khawatir untuk jalan jalan, ke salon dan sebagainya selama dibayar dengan uang tunai saat itu juga.

Demikian tiga kesalahan yang membuatmu sulit untuk kaya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading