Sukses

Lifestyle

Kehujanan, Konsumsi 5 Bahan Alami Ini

Fimela.com, Jakarta Februari hampir berakhir. Tapi hujan masih mengguyur sebagian kota di Tanah Air. Belum lagi masalah ramalan cuaca yang kadang tidak tepat. Jadi wajar saja kalau kamu tak bawa payung atau jas hujan. Tapi risikonya, kamu pasti kehujanan walaupun sedikit. 

Usai kehujanan, biasanya kamu akan mengalami pusing, sakit kepala, demam, atau juga pilek. Obat kimia mungkin bisa menghilangkan rasa sakit dan tak enak badan dengan cepat. Namun, obat kimia hanya meredam penyakit saja, bukan menyembuhkan. 

Sementara itu, herbal, selain menyehatkan tubuh, juga menyembuhkan penyakit, meski membutuhkan waktu yang lebih lama. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi kalau sakit usai kehujanan. 

1. Jeruk nipis. Jeruk nipis ini mungkin rasanya sangat asam dan tak banyak orang yang suka. Tapi, jeruk nipis ini sudah lama dipercaya sebagai obat  batuk yang ampuh. 

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

2. Selain jeruk nipis, madu juga sudah lama dipercaya sebagai obat batuk mujarab. Selain menghilangkan batuk, madu juga membuat kekebalan tubuhmu menguat dann menghentikan pilek dan flu. 

5 Khasiat Madu

3. Selain jeruk nipis, jeruk purut juga punya khasiat yang luar biasa. Cara meramunya dengan mencampur air mendidih, dengan jeruk purut yang sudah dibelah. Kalau mau, kamu juga bisa merebus jeruk purut yang sudah dibelah hingga air mendidih. Lalu minum, deh!

Jeruk Purut | via: kkhasiat.co.id

4. Makan pisang juga ternyata membantumu meredakan migrain akibat kehujanan. Karena, dilansir dari In Kesehatan, pisang mengandung magnesium yang bakal bkin kamu merasa lebih baik. 

Pancake ini memiliki resep paling mudah, dengan sebuah telur dan dua buah pisang. (foto : thekitchn)

5. Sementara itu, untuk menurunkan panas tubuh, kamu juga disarankan untuk minum banyak air mineral. Atau, juga bisa meminum larutan kunyit hangat. Caranya, kamu harus parut kunyit dan larutkan dengan air panas secukupnya. 

Parut kunyit secukupnya lalu campur dengan dua tetes minyak kelapa dan air lemon. Oleskan pada kulit siku dan lutut sambil digosok-gosok selama sekitar lima menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. (Istimewa)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading